This is an outdated version published on 2017-06-10. Read the most recent version.

Pengembangan Lembar Kerja Kelompok Berbasis Keterampilan Proses untuk Melatih Percaya Diri Siswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6779

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah mengembangkan sebuah lembar kerja kelompok berbasis keterampilan proses untuk melatih percaya diri siswa yang valid, praktis dan efektif. Fokus pada muatan IPA kelas 5 sekolah dasar, subtema hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem, materi rantai makanan. Jenis penelitian yaitu R & D, menggunakan metode pengembangan Sugiyono 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 17/I Rantau Puri Kabupaten Batanghari, Jambi. Hasil validasi lembar kerja kelompok melalui angket oleh ahli media, materi dan bahasa dalam kategori valid setelah dilakukan revisi. Hasil angket, juga menunjukkan respon positif (sangat baik) yang didapatkan dari guru terhadap penggunaan lembar kerja kelompok berbasis keterampilan proses sebesar 91,1% dan respon siswa sebesar 95,5%. Hasil observasi terhadap sikap percaya diri siswa telah mengalami peningkatan sebesar 71,43%. Kesimpulan bahwa pengembangan lembar kerja kelompok berbasis keterampilan proses telah memenuhi kriteria valid dan praktis dipergunakan pada proses pembelajaran muatan IPA kajian rantai makanan serta terbukti efektif dalam melatih dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.

 

Kata Kunci : keterampilan proses, percaya diri

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-10

Versions

How to Cite

Pengembangan Lembar Kerja Kelompok Berbasis Keterampilan Proses untuk Melatih Percaya Diri Siswa. (2017). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 1-18. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6779