This is an outdated version published on 2018-06-29. Read the most recent version.

Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6766

Abstract

Abstrak.Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan gaya mengajar guru dengan keaktifan belajar siswa Kelas VSD Negeri 51/IVKota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian (korelasional) yaitu “penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel atau lebih atau hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat†Penelitian dilaksanakan di kelas Va dan Vb SD Negeri 51/IV Kota Jambi, jalan Raja Yamin Rt 27/08 Kelurahan Selamat Kecamatan Telanaipura Kota jambi. Waktu penelitian direncanakan pada bulan Juni 2015. Berdasarkan hasil penelitian uji dari uji normalitas untuk data gaya mengajar guru Lo (0.0903) < Ltabel (0,1153), sedangkan data keaktifan belajar siswa didapat Lo (0,1014) < Ltabel (0,1153). Uji homogenitas varians yang digunakan adalah Uji F dikatakan homogen apabila F hitung < F tabel, berdasarkan analisis data diperoleh F hitung (2.006) < F tabel (3,15) maka berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa data bervariansi homogen. Dengan menggunakan rumus (n-2)59-2 = 57 pada α = 0,05, maka dengan dk 2, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,6720 mudah dilihat bahwa 11.15883> 1,6720 maka terdapat hubungan gaya mengajar guru dengan keaktifan belajar siswa kelas V SD N 51/IV Kota Jambi.

 

Kata kunci: Gaya Mengajar Guru, Keaktifan belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-29

Versions

How to Cite

Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 92-110. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6766