This is an outdated version published on 2018-12-26. Read the most recent version.

Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6763

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 159 Muara Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini adalah didapatkan langsung dari puisi bebas yang ditulis oleh siswa kelas V. Sumber data yaitu puisi yang ditulis siswa kelas V SD Negeri 159 Muara Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah membaca seluruh tulisan siswa dan menilai satu persatu tulisan tersebut. Persentase dari unsur tema, tergolong kriteria kualitas kemampuan mampu dengan interval persentase 83,3% dan dari unsur diksi, tergolong kriteria kualitas mampu dengan interval persentase 78,1%.  Berdasarkan pembahasan dan analisis hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan siswa kelas V SD Negeri 159 Muaro Jambi dalam menulis puisi bebas Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan kategori mampu yaitu dengan indeks penilaian 3,23.

 

Kata kunci : kemampuan menulis, puisi bebas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-26

Versions

How to Cite

Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 296-312. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6763