This is an outdated version published on 2018-12-26. Read the most recent version.

Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran tematik menggunakan aplikasi adobe flash dan fhotoshop berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi materi, media, pembelajaran, angket tanggapan guru dan siswa, tes hasil belajar siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, (1) hasil angket ahli materi 80% (baik), hasil angket ahli media 81,3% (sangat baik), hasil angket tanggapan perorangan yang teridiri dari siswa dan guru 86,22% (sangat baik), dan hasil angket tanggapan untuk kelompok besar yang terdiri dari siswa 86,3% (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan aplikasi adobe flash dan fhotoshop adalah 84,84% nilai siswa mencapai nilai KKM 70, serta (3) respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi adobe flash dan fhotoshop yang digunakan mencapai 89,86% “sangat baikâ€. Kesimpulan dari penelitian yaitu media pembelajaran yang dikembangkan melalui aplikasi adobe flash dan fhotoshop di kelas IV SDN 55/1 Sridadi sangat efektif dan  layak digunakan sebagai bahan ajar guna memenuhi kebutuhan kurikulum 2013 untuk kemajuan pendidikan bangsa.

 

Kata kunci : Pengembangan, Media, Adobe Flash, Fhotoshop

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-26

Versions

How to Cite

Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257-275. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761