This is an outdated version published on 2018-12-26. Read the most recent version.

Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757

Keywords:

pelaksanaan, nilai peduli lingkungan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri di SD Negeri 55/I Sridadi Kecamatan Muara Bulian. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian, pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri berupa kegiatan rutin adalah piket kelas dan piket bersama. Berupa kegiatan spontan adalah menanam pohon bersama dan memilah-memilah tabungan sampah untuk dijadikan barang kerajinan. Berupa keteladanan adalah kepala sekolah dan guru dengan tidak membuang sampah sembarangan dilingkungan sekolah. Kepala sekolah dan guru menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan memungut sampah yang ditemukan. Berupa pengkondisian adalah sekolah menyediakan sarana berupa tempat sampah organik dan anorganik dilokasi lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri di SD Negeri 55/I Sridadi adalah kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Bafadal, Ibrahim. 2009. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara
Bani, Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Borba, Michael. 2008. Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi Pendidikan Moral Anak (Penerjemah: Raviyanto dan Lina Jusuf). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Edisi Revisi 6. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ichsan dan Muchsin. 1979. Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Depdikbud
Indriyanto. 2006. Ekologi Kehutanan. Jakarta: Bumi Aksara
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Komariah, dkk. 2005. Visionary Leadership: Menuju Sekolah yang Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, & Kreatif. Jakarta: Esensi
Moleong, J. Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Neolaka, Amos. 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta
Ngalawiyah, Lutfi. 2014. Studi Deskriptif Implementasi Nilai Peduli Lingkungan Menuju Sekolah Adiwiyata di SDN Tukangan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Noor, Djauhari. 2006. Geologi Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Purwanto, Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rohadi, Tasdiyanto. 2011. Budaya Lingkungan: Analisis Krisisdan Solusi Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Ecologia Press
Rukiyati, dkk. 2008. Pendidikan Pancasila Buku Pegangan Kuliah. Yogyakarta: UNY Press
Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah-Langkah Praktis. Jakarta: Esensi
Setiyani, Nina. 2013. Pendidikan Karakter peduli Lingkungan Melalui Program Green Environment di SMP Alam Ar-ridho. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Shabechoff, Philip. 1999. A New Name for Peace: International Environmentalism, Sustainable Development, And Democracy. Sebuah Nama Baru bagi Perdamaian: Environmentalisme Internasional, Pembangunan Berkelanjutan, dan Demokrasi (Penerjemah: P. Soemitro). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhartono, Suparlan. 2008. Wawasan Pendidikan Sebuah Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sumardi, dkk. 1997. Peranan Nilai Budaya Daerah dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Depdikbud Ditjen Kebudayaan
Suwarno, Wiji. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wiryono. 2013. Pengantar Ilmu Lingkungan. Bengkulu: Pertelon Media.
Zuchdi, Darmiyati. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press
Zuhriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2018-12-26

Versions

How to Cite

Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203-219. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757