This is an outdated version published on 2018-12-26. Read the most recent version.

Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751

Keywords:

keaktifan, pendekatan inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan teknik pengumpulan data observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VD SDN 13/I Muara Bulian. Peningkatan itu keaktifan terjadi  setelah dilakukan tindakan yang dilakukan pada siklus I pada pertemuan I terdapat 5 orang dan pada pertemuan II terdapat 9 orang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus I ini terdapat 62%. Kemudian, pada siklus II meningkat pada pertemuan I terdapat 15 siswa dan pada pertemuan II terdapat 21 siswa yang memiliki keaktifan belajar yang baik. Sehingga dapat disimpulkan siklus II ini terdapat 81% siswa yang memiliki keaktifan belajar. Pengukuran pada keaktifan belajar siswa juga bisa dilkukan dengan menggunakan beberapa indikator keaktifan belajar berupa melaksanakan diskusi sesuai kelompok, serius mengerjakan tugas yang diberikan guru, bertanya kepada guru tentang materi yang dipelajari, mengeluarkan pendapat, dan memperhatikan terhadap penjelasan guru. Indikator tersebut dapat digunakan untuk mengetahui seberapa tinggi keaktifan belajar yang dimiliki siswa. Dari hasil penelitian tersebut, maka terbukti dengan menerapkan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar di kelas V D SDN 13/I Muara Bulian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayunda, Ricki. 2014, Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Pada Pelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri No.139/I Sungai Buluh. Skripsi, Universitas Jambi
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta. Gava Media.
Dyas, Pratiwi, Niyarti. 2013. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Dengan Pendekatan Inkuiri Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Karanganyar Ngemplak Sleman. Skripsi tidak diterlibatkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Hermawan. 2007. Media Pembelajaran SD. Bandung: Upi Press
Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri
http://eprints.uny.ac.id/15656/1/Skripsi%20%28Niyarti%20Dyas%20P_09108247055%29.pdf (diakses 01 agustus 2016)
Jacobsen. David A., Enggen, Paul, & Kauchak, Donald. 2009. Methods Teaching. Jogyakarta. Penerbit Pustaka Remaja.
Moedjiono dan Moh.Dimyati. 1992/1993. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Sardiman. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2018-12-26

Versions

How to Cite

Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353-371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751