Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Berbantuan Smart Apps Creator Increasing the Ability to Understand Concepts through the Development of Mobile-Based Learning Media Assisted by Smart Apps Creator

Main Article Content

Riki Nursalim
Netriwati
Rizki Wahyu Yunian Putra

Abstract

Siswa mengalami kesulitan untuk memahami dan menerapkan konsep dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan, dan keefektifitasan media dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Deign, Develop and Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X E4 dan siswa kelas X E5 di SMA Islam Kebumen. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 3,76 dan oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,77 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji kemenarikan yang dilakukan pada siswa kelas X E5 memperoleh skor rata-rata sebesar 3,58 dan pada siswa kelas X E4 memperoleh skor rata-rata sebesar 3,53 dengan kriteria sangat menarik. Media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator (SAC) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, sebagaimana ditunjukkan oleh persentase hasil tes N-Gain kelas eksperimen sebesar 61,6% dengan kriteria cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis mobile dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nursalim, R. ., Netriwati, & Rizki Wahyu Yunian Putra. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Berbantuan Smart Apps Creator: Increasing the Ability to Understand Concepts through the Development of Mobile-Based Learning Media Assisted by Smart Apps Creator. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 14(1), 16–24. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v14i1.39789
Section
Articles

References

Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45-56.

Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Prosiding Sesiomadika, vol 2(1A), 120–128.

Elfeky, A. I. M., & Yakoub Masadeh, T. S. (2016). The Effect of Mobile Learning on Students’ Achievement and Conversational Skills. International Journal of Higher Education, 5(3), 20–31.

Gonzalez, M. A., Gonzalez, M. A., Martin, M. E., Llamas, C., Martinez, O., Vegas, J., Herguedas, M., & Hernandez, C. (2015). Teaching and Learning Physics With Smartphones. Journal of Cases on Information Technology, vol 17(1), 31–50.

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Crtical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 1(2), 127–133.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), vol 1(1).

Kusnandi, D., Tahmir, S., & Minggi, I. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Makasar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1), 123-135.

Lestari, & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT.Refika Aditama.

Maknuni, J. (2020). Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL) Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 (The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19). Indonesian Educational Administration and Leadership Journal , 2(2), 94–106. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/IDEAL

Martín-Blas, T., & Serrano-Fernández, A. (2009). The role of new technologies in the learning process: Moodle as a teaching tool in Physics. Computers & Education, 52(1), 35–44.

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.

Mutia. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Kubus Balok dan Alternatif Pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, vol 10(1), 83–102.

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45.

Putri, A., & Nasution, E. Y. P. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 127–138. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1229

Raehang, & Karim. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 174–182.