Survei Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v12i2.27224Keywords:
Sarana, Prasarana, Pembelajaran Pendidikan JasmaniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dalam penelitian ini menggambarkan tentang survei. Sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo, yang akan menjelaskan jumlah, kondisi dan status kepemilikan sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang digunakan untuk mengajar pelajaran pendidikan jasmani. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 3 Sekolah. Berdasarkan analisis data hasil yang diperoleh untuk prasarana Prasarana dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani memiliki kekayaan sebesar 36,6% pada kategori Kurang, sedangkan sarana dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani memiliki kekayaan sebesar 38,3% pada kategori kurang. Dapat disimpulkan bahwa Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo pada kategori kurang.
Kata kunci: Sarana, Prasarana,Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Downloads
References
Andri Ristomo (2011). Keadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar se-Gugus Sendangadi Mlati Berdasarkan Peraturan Menteri No.24 Tahun 2007. Yogyakarta: Skripsi UNY
Bambang Sudibyo. (2007). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Nomor 24 Tahun 2007. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Cahyadi, (2003). Landasan Kependidikan. Jakarta. Bagian Proyek Peningkatan Mutu Organisasi dan Tenaga Keolahragaan Dirjen Olahraga Depdiknas.
Faozan Fiansyah. (2014). Keadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2007. Yogyakarta: Skripsi UNY
Hartati Sukirman dkk. 2015. Administrasi dan Supervisi Pendidikan.Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta
Imam Dwi Saputro. 2014. Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung
Latifah Anis Angga Dewi. 2017. Kesesuaian Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Prambanan Sleman Berdasarkan Permendiknas NO 24 Tahun 2007
Mela Farestin Mahardika. 2016, Analisa Kebutuhan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sekolah Dasar Se Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2015
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007. Standar sarana dan prasarana sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah (SD/MI), sekolah menengah pertama / madrasah tsanawiyah (SMP/MTs), sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA)
Ristyanto, W. (2017). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 6(9).
Rusli Lutan. 2012. Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. ALFABETA
Suharsimi Arikunto, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sugih Suhartini, Muhammad Tanzilal Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.