Motivasi Siswa Sekolah Dasar se-Kecamatan Cermin Nan Gedang dalam O2SN Atletik Tingkat Kecamatan
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v12i2.27214Keywords:
Motivasi Siswa, O2SN, AtletikAbstract
           Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Motivasi Siswa SD Se Kecamatan Cermin Nan Gedang Dalam Mengikuti 02SN Atletik Tingkat Kecamatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan keseluruhan siswa Sekolah Dasar se-kecamatan Cermin Nan Gedang yang mengikuti olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) berjumlah 43 siswa dari 16 Sekolah Dasar. Berdasarkan analisis data motivasi siswa dalam mengikuti 02SN atletik tingkat kecamatan pada indikator intrinsik termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 87,67%. Motivasi siswa dalam mengikuti 02SN Atletik tingkat kecamatan pada indikator ekstrinsik termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 88,47%. Motivasi siswa dalam mengikuti 02SN Atletik tingkat kecamatan termasuk dalam kategori tinggi dengan besaran persentase sebesar 88% yang mana nilai tersebut berada dalam rentang interval antara 81-100%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Motivasi siswa SD se kecamatan Cermin Nan Gedang dalam mengikuti 02SN atletik tingkat kecamatan termasuk dalam kategori tinggi dengan besaran persentase sebesar 88% yang mana nilai tersebut berada dalam rentang interval antara 81-100%.
Kata kunci: Motivasi Siswa, 02SN, Atletik
Downloads
References
Abdul Jabbar. (2010). Modul Pembelajaran Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Pendidikan M Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia.
Akyas Azhari, 2004. Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta Selatan Penerbit Teraju
Arikunto, Suharsimi.(2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Cahyadi (2003) The effect of interaktive engagement teaching method. Surabaya. Jurnal Indonesia 1-9
Ega Trisna Rahayu, (2013) Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung Alfabeta
Elida Prayitno. (2006). Bahan Ajar Psikologi Keluarga. Padang : FIP UNP
Hamzah B. Uno, (2017) Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Harsono.(2019). Metode Penelitian Pendidikan (Untuk Pemula). Sukoharjo. Jasmine
Hidayat, Ujang. S. (2011). Model-Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Bandung: CV. Siliwangi dan CO
Husdarta (2010) Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung Alfabeta
Irwanto (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Kimia Peserta Didik SMA/MA. S2 thesis, UNY.
Kasman, (2015). Pedoman Pelaksanaan UKS/ M di Sekolah. Jakarta. Direktorat Pendidikan Dasar Kemendikbud
Kurikulum 2004 (2006) Kurikulum Sekolah Tingkat Dasar. Jakarta.
Kurniawan (2007) Ilmu Kepelatihan Dasar Bandung. Alfabeta
Mulyasa, Enco.(2002) Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya. Manajemen Pendidikan Karakter.” Jakarta: Bumi Aksara, 2011, 165–89.
Rahman (2004) Psikologi Suatu pengantar. Penada Media Jakarta.
Sardiman A. M. (2006). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Rajawali Press.
Sardiman A. M. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Rajawali Press.
Singgih Gunarsa. (2018). Psikologis Praktis: Anak, Remaja Dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Imron, Mhd. Usni Zamzami Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.