Rancang bangun alat penyaring air limbah laundry

  • Mega Gemala Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ibnu Sina Batam
  • Hengky Oktarizal STIKes Ibnu Sina Batam

Abstract

Laundry merupakan usaha yang menghasilkan limbah cair setiap harinya yang bisa berdampak pada pencemaran tanah dan air jika tidak dikelola dan diolah dengan benar. Dilihat secara visual kondisi air limbah laundry di lingkungan PT X Kampung Seraya, Komplek Pelita Kecamatan Lubuk Baja masih belum memenuhi syarat kualitas air yang baik, maka diperlukan suatu pengolahan (treatment) dalam mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode penyaringan sederhana. Metode ini diharapkan dapat digunakan oleh PT X dalam mengolah limbah cair yang dihasilkan sebelum dibuang ke badan air dengan tujuan mengurangi beban pencemaran air pada lingkungan yang sesuai standar kesehatan masyarakat yang memenuhi parameter kualitas air dari segi fisika dan kimia sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.5 Tahun 2014. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen atau percobaan (experiment research).Adapun rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pretest-posttest (pretest-posttest design.          Dari hasil penelitian pada kualitas air sebelum pengolahan, terdapat beberapa parameter tidak memenuhi syarat dan setelah dilakukan pengolahan dengan kombinasi penyaringan zeolite dan arang aktif dapat memperbaiki kualitas air limbah laundry yaitu menurunkan kadar phospat hingga 98,46%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, J., dan EL-Dessouky H. Design of a modified low cost treatment system for the recycling and reuse of laundry waste water, Resources, Conservation and Recycling, 52, 973–978. 2008
Effendi, H. 2003. Telaah kualitas air. Kanisius. Yogyakarta.
Hadinta Sisyanreswari D. Penurunan Tss, Cod, Dan Fosfat Pada Limbah Laundry Menggunakan Koagulan Tawas Dan Media Zeolit. 2013;(024).
Nurhasanah. 2009. Penentuan Kadar COD (Chemical Oxygen Demand) pada Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit, Pabrik Karet dan Domestik. Medan : Universitas Sumatera Utara.Padil, dkk. 2006. Pembuatan Arang Aktif dari Sisa Pembuatan Asap Cair. Pekanbaru : Universitas Riau.
Padmanabha (2015), Efektivitas Batu Vulkanik dan Arang Sebagai Media Filter Pengolahan Air Limbah Laundry dengan Menggunakan Sistem Pengolahan Constructed Wetland. Universitas Udayana. Bali
limbah, Jurnal Teknik Pomits, 2(1), F116-F120.
PERMEN LH Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2014 “Tentang baku mutu air limbah bagi usaha dan/atau kegiatan industry sabun, detergent dan produk-produk minyak nabati”. Jakarta, Lampiran X hal 27, 2014.
Sari, M. 2009. Pengendalian Limbah Cair di Pabrik Benang Karet. PT Industri Karet Nusantara Medan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. USU Repository. Medan
Sularso. 2000. Pengaruh Berbagai Ketebalan Lapisan Pasir sebagai Media Penyaring terhadap Penurunan Angka Kuman pada Saringan Pasir Sederhana. Yogyakarta: STTI YLH.
Published
2019-07-19