Identifikasi Kerusakan Perkerasan Lentur pada Jalan Konteiner Kabupaten Sorong
Identification of Flexible Pavement Damage on Container Roads in Sorong Regency
DOI:
https://doi.org/10.22437/jurnalengineering.v6i2.22672Keywords:
Kerusakan Jalan, Perkerasan, PCIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan, mengevaluasi kerusakan dengan menggunakan metode PCI serta memberi solusi dari kerusakan yang terjadi pada permukaan perkerasan jalan konteiner KM 27(600) – KM 28(600). Hasil dari observasi, Analisa data dab perhitungan PCI diperoleh 6 jenis kerusakan yaitu Retak kulit buaya, cacat tepi perkerasan, tambalan, lubang, alur dan pelepasan butir. Tingkat kerusakan di jalan konteiner dengan nilai PCI yaitu 32,3% yang artinya jalan dalam kondisi buruk. Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut perlu dibuat overlay atau lapisan perkeran kaku dengan memperhatikan kemiringan pada permukaan jalan serta perlu diberi rambu lalulintas yang memuat peraturan klsifikasi kendaraan yang lewat.
Downloads
References
____________. (1980). Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1980 Tentang Jalan.
Hardiyatmo, H.C. (2007). Pemeliharaan Jalan Raya. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Indriani, Made Novia. (2018). Metode-Metode Perhitungan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur. Makassar: CV. Social Politic Genius (SIGn)
Karsata Haafi., Sulha., Siti, N.A. (2020). Identifikasi Jenis Kerusakan Lapis Perkerasan Jalan Raya Dan Upaya Penanganannya Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus : Jalan Desa Bumi Indah, Kabupaten Konawe-Sulawesi Tenggara) Jurnal Media Konstruksi, 5 (2), 2503-2712
Shanin, M. Y, Walther, J. A. (1994). Pavement Maintenance Management For Roads And Streets Using The PAVER System, Army Corps Of Engineers, USA. New York. 282 pp.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Briando Mandagi, Karolina Batvian, Mega N. Matana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).