Analisis Korelasi Antara Ketertiban Belajar Dengan Hasil Belajar

Authors

  • Muspawi Muspawi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Emosda Emosda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Diana Diana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jssh.v3i2.8427

Abstract

Penelitian ini bermaksuduntuk menganalisis serangkaian data agar diketahui: (1) Gambaran kualitas ketertiban belajar siswa didalam kelas pada mata pelajaran PKn (2) Kualitas hasil belajar (3) hubungan keteraturan atau ketertiban belajar siswa didalam kelas dengan hasil belajar. Metode yang dipakai di dalam proses penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis korelatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 20/1 Jembatan Mas pada kelas tinggi semester ganjil. Jumlah populasinya adalah 120 orang siswa ditetapkan dengan mengambil 50% jumlah semua siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probality sampling, dan jumlah sampelnya 60 siswa. Instrument pengumpulan data memakai angket dengan pola skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketertiban belajar siswa didalam kelas dengan hasil belajar PKN kelas tinggi adalah termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 0,498, untuk hasil belajar siswa kelas tinggi adalah termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 70,07 sampai 77,33. Berdasarkan perhitungan product moment diperoleh > , (0,498 > 0,254), dapat diinterprestasikan bahwa antara ketertiban belajar siswa didalam kelas dengan hasil belajar PKn kelas tinggi SD Negeri No. 20/1 Jembatan Masterdapat hubungan yang signifikan. Kesimpulan ialah terdapat hubungan ketertiban belajar siswa didalam kelas dengan hasil belajar PKN kelas tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-25 — Updated on 2019-11-25

Versions