Analisis Korelasi Antara Ketertiban Belajar Dengan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.22437/jssh.v3i2.8427Abstract
Penelitian ini bermaksuduntuk menganalisis serangkaian data agar diketahui: (1) Gambaran kualitas ketertiban belajar siswa didalam kelas pada mata pelajaran PKn (2) Kualitas hasil belajar (3) hubungan keteraturan atau ketertiban belajar siswa didalam kelas dengan hasil belajar. Metode yang dipakai di dalam proses penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis korelatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 20/1 Jembatan Mas pada kelas tinggi semester ganjil. Jumlah populasinya adalah 120 orang siswa ditetapkan dengan mengambil 50% jumlah semua siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probality sampling, dan jumlah sampelnya 60 siswa. Instrument pengumpulan data memakai angket dengan pola skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketertiban belajar siswa didalam kelas dengan hasil belajar PKN kelas tinggi adalah termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 0,498, untuk hasil belajar siswa kelas tinggi adalah termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 70,07 sampai 77,33. Berdasarkan perhitungan product moment diperoleh > , (0,498 > 0,254), dapat diinterprestasikan bahwa antara ketertiban belajar siswa didalam kelas dengan hasil belajar PKn kelas tinggi SD Negeri No. 20/1 Jembatan Masterdapat hubungan yang signifikan. Kesimpulan ialah terdapat hubungan ketertiban belajar siswa didalam kelas dengan hasil belajar PKN kelas tinggi.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2019-11-25 (1)
- 2019-11-25 (1)
Issue
Section
License
-
Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
-
The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
-
The right to reproduce the article for own purposes,
-
The right to self-archive the article (please read out deposit policy),
-
The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this jurnal sains sosio humaniora.