Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Cahaya Kembar Jaya dalam Meningkatkan Penumpang dalam Presepsi IMC (Intergrated Marketing Communication)

Authors

  • Haqikah Safna Putri Pane Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Indira Fatra Deni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Alfikri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/jssh.v8i2.36647

Keywords:

Marketing Communication Strategy, IMC, PT. Cahaya Kembar Jaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektifitas strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Cahaya Kembar Jaya dalam Meningkatkan Penumpang dengan pendekatan Intergrated Marketing Communication (IMC). Dalam menghadapi persaingan ketat insdrustri tranportasi, perusahaan ini mengadopsi IMC untuk memastikan konsistensi pesan diberbagai saluran komunikasi, termasuk iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan media social. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisi dokumen perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perapan IMC oleh PT. Cahaya Kembar Jaya berhasil menciptakan pesan yang konsisten dan citra merek yang kuat, yang pada gilirannya meningkatkan kesadaran dan presepsi positif penumpang terhadap layanan perusahaan. Penggunaan saluran komunikasi yang terintergrasi juga meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih baik, yang berkontribusi pada peningkatan loyalitas dan jumlah penumpang. Selain itu, strategi IMC memungkinkan perusahaan untuk merespon perubahan pasar dengan cepat dan efesien, mengomptimalkan anggaran pemasaran, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-24