Konstruksi Komunikasi Gerakan Istiqomah Sedekah (GIS) dalam Meningkatkan Musaddiq di Kota Medan

Authors

  • Ocha Meydiana ocha0603203132@uinsu.ac.id
  • Hasan Sazali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/jssh.v8i1.36556

Keywords:

Gerakan Istiqomah Sedekah, Konstruksi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Artikel ini membahas konstruksi komunikasi dalam Gerakan Istiqomah Sedekah (GIS) sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan Musaddiq di Kota Medan. Dalam konteks ini, teori konstruktivisme menjadi landasan untuk memahami bagaimana pesan-pesan GIS dibangun dan dipahami oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan fenomenologis yang mengacu pada teori media ekologi. Hasil temuan memaparkan terdapat perbedaan pengetahuan tentang sedekah dikalangan masyarakat Kota Medan. Oleh karena itu, konstruksi komunikasi GIS dalam upaya meningkatkan musaddiq di Kota Medan adalah menggunakan pesan-pesan komunikasi yang menekankan nilai-nilai keagamaan, sosial, dan kemanusiaan dari GIS memiliki resonansi yang kuat di kalangan masyarakat. Pesan-pesan yang menekankan keberlanjutan, transparansi, dan dampak positif dari sedekah juga terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dalam gerakan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-11