The Influence of Entrepreneurial Mindset, Social Environment and Social Media on Entrepreneurial Interest of Semarang State Polytechnic Students
DOI:
https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.29001Keywords:
Mindset Wirausaha, Lingkungan Pergaulan, Media Sosial, Minat BerwirausahaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganilisis
pengaruh mindset wirausaha, lingkungan pergaulan dan media sosial terhadap
minat berwirausaha mahasiswa politeknik negeri semarang. Responden dalam
penelitian ini adalah para mahasiswa politeknik negeri semarang dengan sampel
100 responden dari keseluruhan populasi. Penelitian ini menggunakan alat analisis
faktor konfirmatori dan maximum likehood estimation pada SEM (Structural
Equations Modeling) dari paket statistik AMOS 24.0 (Analysis of Moment Structure).
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan insidential sampling.
Hasil estimasi parameter sesuai dengan hipotesis bahwa mindset wirausaha secara
signifikan mempengaruhi minat berwirausaha dengan nilai critical ratio (c.r) 3,194
dan P-Value 0,001, Lingkungan pergaulan berpengaruh positif terhadap minat
berwirausaha dengan nilai critical ratio (c.r) 3,179 dan P-Value 0,001, Sosial Media
berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha dengan nilai critical ratio (c.r)
4,366 dan P-Value ***. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan
signifikan antara mindset wirausaha, lingkungan pergaulan, dan media sosial
terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Misbakhul Arrezqi, Bagus Yunianto Wibowo, Nanang Adie Setyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
-
Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
-
The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
-
The right to reproduce the article for own purposes,
-
The right to self-archive the article (please read out deposit policy),
-
The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this jurnal sains sosio humaniora.