The Influence of Entrepreneurial Mindset, Social Environment and Social Media on Entrepreneurial Interest of Semarang State Polytechnic Students

Authors

  • Misbakhul Arrezqi Politeknik Negeri Semarang
  • Bagus Yunianto Wibowo Politeknik Negeri Semarang
  • Nanang Adie Setyawan Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.29001

Keywords:

Mindset Wirausaha, Lingkungan Pergaulan, Media Sosial, Minat Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganilisis
pengaruh mindset wirausaha, lingkungan pergaulan dan media sosial terhadap
minat berwirausaha mahasiswa politeknik negeri semarang. Responden dalam
penelitian ini adalah para mahasiswa politeknik negeri semarang dengan sampel
100 responden dari keseluruhan populasi. Penelitian ini menggunakan alat analisis
faktor konfirmatori dan maximum likehood estimation pada SEM (Structural
Equations Modeling) dari paket statistik AMOS 24.0 (Analysis of Moment Structure).
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan insidential sampling.
Hasil estimasi parameter sesuai dengan hipotesis bahwa mindset wirausaha secara
signifikan mempengaruhi minat berwirausaha dengan nilai critical ratio (c.r) 3,194
dan P-Value 0,001, Lingkungan pergaulan berpengaruh positif terhadap minat
berwirausaha dengan nilai critical ratio (c.r) 3,179 dan P-Value 0,001, Sosial Media
berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha dengan nilai critical ratio (c.r)
4,366 dan P-Value ***. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan
signifikan antara mindset wirausaha, lingkungan pergaulan, dan media sosial
terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-28