Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Emosi dengan Hasil Belajar IPS Kelas IV Di SD Negeri Tenjolahang 1 Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten: Penelitian kuantitatif Korelasional Pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Dede Miya Wijayanti Universitas Terbuka
  • Sholeh Hidayat Universitas Terbuka
  • Ajat Sudrajat Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.28968

Keywords:

motivasi berprestasi, kecerdasan emosi, hasil belajar IPS

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji seberapa besar hubungan antara motivasi berprestasi dan kecerdasan emosi dengan basil belajar IPS siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tenjolahang 1. Instrumen terkait motivasi berprestasi dan kecerdasan emosi berupa angket. Metode analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian dapat ditarik kesirnpulan sebagai berikut: Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar JPS kelas TV. Hal ini berdasarkan basil uji t diperoleh nilai thitung yaitu sebesar 33.150, nilai tersebut lebih besar dari nilai tabel pada taraf nyata 0.05 dengan df= 28 yaitu sebesar 2.04 dengan nilai determinasi sebesar 0.987 sehingga motivasi berprestasi memberikan kontribusi terhadap hasil belajar JPS sebesar 97.8%. Terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosi dengan basil belajar IPS kelas IV. Hal ini berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thi1ung yaitu sebesar 16.300, nilai tersebut lebih besar dari nilai trnbel yaitu sebesar 2.04 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00<0.05 dengan nilai determinasi sebesar 0.951 sehingga kecerdasan emosi memberikan kontribusi terhadap hasil belajar JPS sebesar 90.5%. Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan kecerdasan emosi secara bersama-sama dengan hasil belajar JPS kelas TV. Hal ini berdasarkan hasil uji t masing-masing variabel adalah sebesar I 0.409 dan 2.876 kedua nilai tersebut nilai tiabcl yaitu 2.01 dan diperoleh nilai signifikansi 0.00<0.05. Melalui persamaan regresi linear Y=4.11 +0.794+0.201 dibuktikan bahwa basil belajar JPS meningkat sebesar 0.794 atau 79.4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-27