HUBUNGAN KESIAPAN ANAK DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER

Authors

  • Intan Iwanda Sari Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi
  • Fadliyana Ekawaty Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi
  • Nofrans Eka Saputra Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi

Keywords:

Readiness, Success, Toilet Training

Abstract

At the age toddler children experience anal phase in this phase children are required to complete their development tasks, children must be able to recognize the urge to release, hold and be able to communicate to their mothers when they want to defecate. At this stage maximum must be reached until the child is 3 years old. The task of this development will be successful if it’s supported by children's readiness both physically, psychologically, intellectually and the readiness parents. The purpose of this study was to determine the relationship between children's readiness with success of toilet training in toddler age. Type of quantitative research with the type of correlational. This study uses the Cross Sectional approach. The instrument used is a questionnaire. The population is 77 mothers who have toddler age, taking samples using the total sampling method. Results of the study showed that there was a relationship between children's readiness with success of toilet training in toddler-age in the TPA of Alam Barajo Jambi City with a p-value 0,000 (p <0.05). One of the efforts to improve success in toilet training is looking the readiness available to children.

ABSTRAK

Pada usia toddler anak mengalami fase anal pada fase ini anak dituntut untuk menyelesaikan tugas perkembangannya yaitu harus mampu mengenali dorongan untuk melepas, menahan dan mampu mengkomunikasikan kepada ibunya ketika ingin BAB/BAK. Pada fase ini harus tercapai maksimal sampai anak berusia 3 tahun. Tugas perkembangan ini akan berhasil jika didukung dengan kesiapan anak baik secara fisik, psikologis, intelektual dan kesiapan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kesiapan anak dengan keberhasilan toilet training pada anak usia toddler. Jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner. Populasi 77 ibu yang mempunyai anak usia toddler, pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kesiapan anak dengan keberhasilan toilet training pada anak usia toddler di TPA Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi dengan nilai p-value 0,000 (p<0,05). Salah satu upaya untuk meningkatkan keberhasilan anak dalam toilet training yaitu dengan melihat kesiapan yang ada pada anak.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Sari, I. I. ., Ekawaty, . F., & Saputra, . N. E. (2020). HUBUNGAN KESIAPAN ANAK DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER . Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(1), 24-34. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/JINI/article/view/9350