MEKANISME KOPING DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG IKUT DAN YANG TIDAK IKUT ORGANISASI

Authors

  • Ihsan 'Abdul Jaliil Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Yulia Irvana Dewi Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Sri Wahyuni Fakultas Keperawatan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.22437/jini.v1i1.9197

Keywords:

Coping mechnism, do not join the organization, join the organization, learning achievement, students

Abstract

A Proper coping mechanisms are needed for students to avoid stress that should be affected by the student is learning achievement. There is a different type of stress between student who join and do not join the organization. This study aims to look at a comparison of coping mechanisms and learning achievements of students who join and do not join the organization. This study uses a comparative research design with a cross-sectional approach. The number of sample of this research were 159 respondents based on inclusion criteria and using a quota sampling technique. The results of research analysis shows that the majority of respondents were women (86.2%), comes from class A 2016 1 (23.3%), and in 4th semester (54.1%). The organization that participated in is BEM Fakultas Keperawatan dan FSI Al-Kautsar (22%) with one term of organization service (45.9%). Majority of the students used maladaptive cope mechanisms (50.3%) and learning achievements showed in good category (82.4%). The result of statistic test of independent t-test got that there is no significant difference of cope mechanisms between students who join in organization and do not join organization with p-value (0.091) > alpha (0.05) and there is a significant difference of learning achievement where the students who join the organization are better than the students who do not join the organization with p-value (0.001) > alpha (0.05). Based on the result of this research is expected to be a motivation for the students to join the organization because it has a good effect on learning achievements.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, R. (2018). Hubungan antara prestasi belajar dengan keikutsertaan dan tingkat keaktifan dalam berorganisasi mahasiswa tahun kedua dan ketiga fakultas kedokteran universitas islam malang. Jurnal Kesehatan Islam: Islamic Health Journal, 7(1), 51-56 diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jki/ article/view/ 979

Barr, F. D., & Harta, I. (2016). Analisis manajemen waktu organisasi dan kuliah aktivis mahasiswa program studi pendidikan matematika universitas muhammadiyah surakarta. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 280-286 diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari https://journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/prisma/article/ view/21484

Dani, SM., Hamidyz,MY., Rismas D. (2013). Hubungan antara tingkat stres dengan strategi koping pada mahasiswa kepaniteraan klinik fakultas kedokteran universitas riau. Diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2447

Davison, G.C. (2010). Psikologi abnormal. Jakarta: Rajawali Pers.

Febriana, B., Winanti, L., & Amelia, S. (2017). Hubungan antara keaktifan organisasi dengan prestasi belajar (indeks prestasi) mahasiswa fakultas ilmu keperawatan universitas Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 154-157 diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari https://jurnal.unimus.ac.id/ index.php/psn12012010/article/view/868

Jayen, F. (2018). Pengaruh beasiswa dan organisasi kemahasiswaan terhadap prestasi belajar aktivis mahasiswa stie pancasetia banjarmasin. KINDAI Kumpulan Informasi dan Artikel Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 14(1), 79-89 diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari http://ejournal.stiepancasetia.ac.id/index.php/kindai/article/view/180

Khairiyah, N., & Kusuma, F. H. D. (2017). Hubungan peran ganda dengan stres pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan tugas belajar di universitas tribhuwana tunggadewi malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan, 2(3), 207-219 diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/ fikes/article/view/ 580.

Meinarta, I. W. O., Tripalupi, L. E., & Suwena, K. R. (2014). Studi komparatif prestasi belajar mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organsasi kemahasiswaan feb undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1) diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/1895

Nisrina, G. E. (2016). Perbedaan strategi coping stres mahasiswa organisasi dan non organisasi di Universitas Islam Negeri Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari http://etheses.uin-malang.ac.id/3649/1/12410048.pdf

Pradayu, M. (2017). Pengaruh aktivitas organisasi terhadap prestasi belajar (studi kasus pengurus Bem universitas riau kabinet inspirasi periode 2016-2017). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1-12 diperoleh tanggal 23 November 2018 dari https://www.neliti.com/publications/ 204145/pengaruh-aktivitas-organisasi-terhadap-prestasi-belajar-studi-kasus-pengurus-bem.

Rasmun. (2009). Stres, koping dan adaptasi: teori dan pohon masalah keperawatan. Jakarta: Sagung Seto.

Ruhmadi, E., Suwartika, I., & Nurdin, A. (2014). Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stress akademik mahasiswa reguler program studi d iii keperawatan cirebon poltekkes kemenkes tasikmalaya. Jurnal Keperawatan

Soedirman, 9(3), 173-189 diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/ article/view/ 612

Simarmata, G. E., & Lestari, D. R. (2015). Mekanisme koping dengan prestasi belajar mahasiswa sistem pembelajaran blok angkatan 2013. Dunia Keperawatan, 3(1), 22-33 diperoleh tanggal 15 Maret 2019 dari https://ppjp.ulm.ac.id/journal/ index.php/ JDK/article/view/1703.

Suharso, E. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan mekanisme koping mahasiswa prodi ners stikes medika cikarang tahun 2016. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(1) diperoleh tanggal 23 November 2018 dari http://jurnal.imds.ac.id/ojs/index.php/jip/ article/ view/99.

Syahputra, M. (2012). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi diperoleh tanggal 13 Maret 2019 dari http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/uu-nomor-12-tahun-2012-ttg-pendidikan-tinggi.pdf.

Downloads

Published

2020-05-31 — Updated on 2020-05-31

Versions

How to Cite

’Abdul Jaliil, I., Irvana Dewi, Y., & Wahyuni, S. . (2020). MEKANISME KOPING DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG IKUT DAN YANG TIDAK IKUT ORGANISASI. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(1), 58-70. https://doi.org/10.22437/jini.v1i1.9197