Caring Perawat dengan Stres Hospitalisasi pada Anak Pra Sekolah di Ruang Rawat Inap Anak
DOI:
https://doi.org/10.22437/jini.v2i2.15464Keywords:
Nurse caring, hospitalization stress, pre-school childrenAbstract
Child care in hospital results in children having to be separated from their environment, resulting in children experiencing stress, to prevent severe stress involving the role of nurses in caring for children during hospitalization. The purpose of this study was to determine the relationship between nurse caring and hospitalization stress in pre-school children. This type of research is quantitative associative with a cross sectional approach. Sampling with consecutive sampling technique as many as 38 respondents. Researchers conducted an ethical test at RSUD Batang. Respondents were given an explanation and filled out informed consent before the study. The researcher guarantees the confidentiality of the respondents from the beginning to the end of the study. The study was conducted in July 2020 at RSUD Batang . The research instrument uses a questionnaire sheet. Univariate data analysis is presented in the Frequency Distribution table and the research data were analyzed using the Spearman Rank test with p value = 0.000 with r value = -0.639. The results of this study showed that there was a relationship between nurse caring and hospitalization stress in pre-school children in the inpatient room.
Abstrak
Perawatan anak di rumah sakit mengakibatkan anak harus berpisah dengan lingkungannya sehingga mengakibatkan anak mengalami stres, untuk mencegah stres yang berat melibatkan peran perawat dalam merawat anak selama menjalani hospitalisasi.tujuan penelitian ini mengetahui hubungan caring perawat dengan stres hospitalisasi pada anak pra sekolah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif assosiatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik consecutive sampling sebanyak 38 responden. Peneliti melakukan uji etik di RSUD Batang. Responden diberikan penjelasan dan mengisi informed consent sebelum penelitian. Peneliti menjamin kerahasiaan responden mulai dari awal sampai akhir penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2020 di RSUD Batang.Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Analisa data univariat disajikan dalam tabel Distribusi Frekuensi dan data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Rank Spearman dengan hasil p value = 0,000 dengan nilai r hitung = -0,639. Hasil penelitian ini ada hubungan caring perawat dengan stres hospitalisasi pada anak pra sekolah di ruang rawat inap.
Kata Kunci : caring perawat, stres hospitalisasi, anak pre sekolah
Downloads
References
Afriani, M., Intan Rahayuningsih, S., Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, M., Keilmuan Keperawatan Anak, B., & Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, F. (2016). Reaksi Anak terhadap Stressor Hospitalisasi dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Sekolah RSUD dr. Zainoel Abidin. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan (Vol. 1, Issue 1). http://jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/1548
Alfiyah. (2019). Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Stres Hospitalisasi Anak Diruang Perawatan Anak di RSUD KOTA MAKASAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 14. http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/244
Amidos Pardede, J., Kartika Hasibuan, E., Siswanto Hondro, H., Studi Ners, P., & Farmasi Dan Ilmu Kesehatan, F. (2020). Perilaku Caring Perawat Dengan Koping Dan Kecemasan Keluarga. In Indonesian Journal of Nursing Sciences and Practice (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.24853/IJNSP.V3I1.14-22
Dewi, M., Sari, I., Stikes, H. P., Sakit, R., & Kediri, B. (2013). Tingkat Stres Hospitalisasi Pada Anak Berhubungan Dengan Peran Perawat Di Rumah Sakit Baptis Kediri. In Jurnal STIKES RS Baptis Kediri (Vol. 6, Issue 2). https://jurnal.stikesbaptis.ac.id/index.php/STIKES/article/view/204
Hulinggi, I., Masi, G., Yudi, A., Program, I., Keperawatan, S. I., & Kedokteran, F. (2018). Hubungan Sikap Perawat Dengan Stres Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di RSU Pancaran Kasih Gmim Manado. In Jurnal Keperawatan (Vol. 6, Issue 1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/19479
Kalsum, U. (2016). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Teratai Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati tahun 2016. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32964
Kartikasari, D. (2017). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Toddler Di Ruang Rawat Inap Anak Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul, Yogyakarta.
Kelana, D. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan (T. I. Media (ed.)). Trans Info Media.
Konuk Sener, D., & Karaca, A. (2017). Mutual Expectations of Mothers of Hospitalized Children and Pediatric Nurses Who Provided Care: Qualitative Study. Journal of Pediatric Nursing, 34, e22–e28. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2017.02.004
Kurniasih, E. (2015). Stres hospitalisasi Caring perawat. Jurnal Kesehatan , 2(1). Issue 1).
Kusmiran, E. (2015). Soft Skills Caring dalam Pelayanan Keperawatan. Trans Info Media.
Masulili, F. (2013). Metode Bimbingan Imajinasi Rekaman Audio Untuk Menurunkan Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah Di Rumah Sakit Di Kota Palu. Jurnal Keperawatan Anak, 1(2). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKA/article/view/964
Oktiawati, A. (2017). Teori dan Konsep Keperawatan Pediatrik. Trans Info Media.
Siswanti, D., Keperawatan Studi Keperawatan Universitas Tanjungpura, M., & Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, D. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Dirawat di RSUD Dr. Soedarso dan RSU Yarsi Pontianak. In Jurnal ProNers (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.26418/JPN.V3I1.27854
Wong, D.L., Hockenberry, M., Wilson, D., Winkelsein, M.L. & Schwartrz, P. (2009). Buku ajar keperawatan pediatric Wong (6th ed.). EGC.
Wulandari, D., & Erawati, M. (2016). Buku Ajar Keperawatan Anak. Pustaka elajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Ners Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Ners Indonesia (JINI) memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.