Analisis Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kue Tradisional Warung Ibu Emi untuk Meningkatkan Pendapatan

Authors

  • Virza Ika Annastasya Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Yulimah Fitasari Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Lilis Renfiana Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.22437/jief.v5i1.29615

Keywords:

Strategi Pemasaran, UMKM, Dampak, Ekonomi Syariah

Abstract

Perkembangan teknologi serta persaingan dalam usaha kian tinggi, menjadikan pelaku UMKM diharuskan memiliki strategi pemasaran yang baik agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Supaya usaha yang dijalankan bisa berkembang dan memperoleh hasil yang maksimal perlu adanya strategi pemasaran yang efektif. Setiap usaha syariah tidak lepas dari prinsip syariah guna meminimalisir kecurangan atau kebathilan. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa kegiatan jual beli diperbolehkan selama kegiatannya tidak menyimpang dari ajaran syariat Islam, maka semua bentuk transaksi  pemasaran diperbolehkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Warung Ibu Emi dalam menghadapi persaingan dan bagaimana dampak dari dilakukannya strategi pemasaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran UMKM kue tradisional Warung Ibu Emi sesuai dengan prinsip syariah. Wawancara dengan informan menunjukkan adanya kenaikan pendapatan total keseluruhan dari tahun 2021 sebesar Rp 36.600.000, kemudian naik menjadi Rp 37.150.000 pada tahun 2022. Maka dari itu terlihat bahwa dalam 2 tahun  terakhir mengalami kenaikan pendapatan sebesar 1,5% dari dilaksanakannya strategi pemasaran yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arliman S, L. (2017). Perlindungan Hukum Umkm Dari Eksploitasi Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3). https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v6i3.194

Estefany, N. V., Masruchin, & Latifah, F. N. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1). https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9358

Farida, N. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. In Solo: CAKRA BOOKS (Vol. 1, Nomor 1).

Jatmika, S., Aprilianto, T., & Prasetyo, B. P. T. (2017). E-marketing dengan media jejaring sosial untuk peningkatan omset penjualan. Seminar Nasional Sistem Informasi 2017, 1(1).

Kholifah, K. (2018). Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Syariah pada Bisnis MLM Paytren (Studi Kasus Pada Mitra Paytren Cab. Semarang). Skripsi.

Muali, C., & Nisa’, K. (2019). Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1). https://doi.org/10.21274/an.2019.6.1.168-185

Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies, 4(1).

Putri, L. F., Salsabila., Yusrillah., & Firmansyah, M. (2022). Strategi Pemasaran Umkm Ledys Cake Pada Era Digital Di Kota Tanjungpinang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.59024/semnas.v1i1.3

Rif’an, M., Aisyah, S., Fatma, F., & Ferdiawan, F. (2019). Strategi Pemasaran Produk Khas Daerah oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Palu dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1). https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i1.6.85-107

Rochmaniah, S. A., & Oktafia, R. (2021). Implementasi Pembiayaan Akad Murabahah dalam Upaya Peningkatan UMKM di KSPPS Permata Barokah Jaya Kelurahan Pandaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2531

Setiawan, L. H., & Budiastra, I. W. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Handmade Tas UMKM AKA di Kelurahan Bubulak Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(5).

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).

Silfiana, V. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatakan Volume Penjualan Kerupuk Kulit Ikan Nila Pada Umkmkrulila Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatakan Volume Penjualan Kerupuk Kulit Ikan Nila Pada Umkmkrulila Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52371

Suparyanto & Rosad. (2015. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Menggunakan Analisis Swot Pada Umkm Anugerah Collection Brebes. Suparyanto dan Rosad (2015, 5(3).

Wijaya. (2017). Analisis Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix pada PT Murni Jaya. Agora, 5(1).

Yudityawati, D. K., & Fitriyah, H. (2022). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Islam. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7429

Z, M., Zainuddin, M. Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Umkm Sederhana. Sultra Journal of Economic and Business, 3(2). https://doi.org/10.54297/sjeb.vol3.iss2.338

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles