Najaha Iqtishod: Journal of Islamic Economic and Finance https://online-journal.unja.ac.id/JIEF <p><strong>NAJAHA IQTISHOD: Journal of Islamic Economic and Finance </strong>ISSN<a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2774-5457" target="_blank" rel="noopener"> 2774-5457</a> (Electronic) ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2774-5457" target="_blank" rel="noopener">2963-797X</a> (Print), is a peer-reviewed journal and scientific journal published by the Islamic economic study program, Faculty of Economics and Business, Jambi University, Indonesia. The journal focus on studies on Islamic management, Islamic finance, Islamic accounting, Islamic financial institutions, halal markets, behavioral economics, human resources an Islamic perspective, or everything related to Islamic economic activities. The journal is published three times a year (April, August, and December). This journal is expected to support and contribute to the development of the Islamic economy in the world, especially in Indonesia.</p> en-US najaha_iqtishod@unja.ac.id (pengelolajief) nurida_isnaeni@unja.ac.id (Nurida Isnaeni) Fri, 23 Aug 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Manajemen Sumber Daya Insani Pada Klinik Kecantikan Klik Beauty Metro https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/29634 <p> </p> <p>Manajemen sumber daya insani sangat penting Karena itu adalah modal manusia yang mendorong semua operasi perusahaan, termasuk yang mengarah pada pencapaian semua tujuan perusahaan, SDI adalah sumber daya yang paling berharga yang tersedia untuk sebuah organisasi. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendeketan diskriftif dengan sumber data primer dan sekunder, data primer di peroleh dengan cara wawancara,observasi, sedangkan sumber data sukender melalui jurnal,buku, dan internet. Hasil dari penelitian ini melihatkan bahwa klinik kecantikan beauty metro telah menerapkan sumber daya insani dengan baik, seperti proses perekrutan,seleksi,penilaian, pengembangan, pelatihan. Yang dimana sudah sesuai dengan syariat islam. Seleksi dan rekutmen yang di lakukan oleh klinik kecantikan beauty melalui beberapa tahap yaitu open rekutmen dan media rekutmen seperti instagram, kemudian bagian seleksi hanya menggunakan wawancara.sedangkan pada proses penilaian, pengembangan, pelatihan klinik kecantikan beauty melihat dari kinerja karyawan. Di harapkan klinik kecantikan beauty dapat mempertahankan system-sistem sumber daya insani dengan baik agar mampu menunjang keberhasilan dari sebuah tujuan.</p> Dewi Wafiq, Elinda Reflika, Lilis Renfiana Copyright (c) 2024 Dewi Wafiq, Elinda Reflika, Lilis Renfiana https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/29634 Fri, 23 Aug 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Kemudahan, Kepuasan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Fintech Syariah di Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/35660 <p> </p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable kemudahan, kepuasan dan kepercayaan terhadap keputusan menggunakan<em> Fintech</em> Syariah di Kota Jambi. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi tidak diketahui, Pengambilan sampel menggunakan metode hair dengan sampel sebanyak 80 orang responden. Pengolahan data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kemudahan dan kepercayaan secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan <em>Fintech</em> Syariah di Kota Jambi, sedangkan variabel kepuasan tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan <em>Fintech </em>Syariah di Kota Jambi. Secara simultan variabel kemudahan, kepuasan, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan <em>Fintech</em> Syariah di Kota Jambi.</p> Zumratul Hasanah, Ridhwan, Muhammad Roihan Copyright (c) 2024 Zumratul Hasanah, Ridhwan, Muhammad Roihan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/35660 Fri, 23 Aug 2024 00:00:00 +0700 Analisis Zakat Profesi bagi Pelaku Bisnis YouTube (YouTuber) Perspektif Ekonomi Islam https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/27747 <p> </p> <p>Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan model pendekatan <em>content analysis</em>. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer penelitian ini adalah buku dan media sosial yang memiliki korelasi dengan masalah zakat profesi sebagai pokok bahasan penelitian. Sementara data sekunder penelitian ini adalah jurnal ataupun artikel yang membahas tentang konsep zakat profesi YouTuber. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah penentuan unit analisis, penentuan sampel, dan pencatatan data. Model analisis data dalam penelitian ini adalah pendekatan strukturalis, pendekatan historis, dan pendekatan ideologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam kaidahnya hukum mu’amalah diperbolehkan (mubah) selagi tidak ada dalil yang melarangnya. Profesi YouTuber merupakan suatu bisnis dari program kerja sama antara YouTuber dan pihak YouTube atau disebut dengan akad shirkah. Profesi ini halal apabila konten video bermanfaat, video merupakan kreatifitas orisinil dari YouTuber, dan iklan yang ditayangkan tidak mengandung unsur yang diharamkan dalam Islam. (2) Penghasilan Youtuber termasuk dalam <em>al-mal al-mustafad</em>. Penulis mendukung pernyataan wajib ditunaikan atas zakat <em>al-mal al-mustafad</em> karena argumen yang kuat dan meyakinkan serta banyaknya contoh dari sahabat nabi. Yusuf Al-Qardhawi mengqiyaskannya al-mal al-mustafad dengan zakat pertanian, yaitu apabila nishab mencapai 5 wasaq (653kg beras) dan kadar zakatnya 5%. Selain itu, dari beberapa konten YouTuber Muslim, sebagian masih ada yang belum memenuhi kriteria etika berbisnis dalam Islam.</p> Fitri Handari, Nurida Isnaeni, Rafiqi Copyright (c) 2024 Fitri Handari, Nurida Isnaeni, Rafiqi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/27747 Fri, 23 Aug 2024 00:00:00 +0700 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Pelaku Usaha Kuliner dalam Menggunakan Sertifikasi Halal (Studi Kasus Rumah Makan di Kota Jambi) https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/21855 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat pelaku usaha kuliner rumah makan dalam menggunakan sertifikasi halal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat pelaku usaha rumah makan di Kota Jambi dalam menggunakan sertifikasi halal terdiri dari faktor internal dan eksternal, antara lain; a. Faktor Internal meliputi faktor pengetahuan (rendahnya pengetahuan mengenai sertifikasi halal, keyakinan bahwa sebagai umat muslim pasti akan menjual makanan yang halal, pelaku usaha beranggapan bahwa sertifikasi halal hanya diperuntukkan bagi restoran terkenal dan produk kemasan, sertifikasi halal dianggap sebagai formalitas saja), dan faktor lokasi (lokasi usaha cukup strategis, pelaku usaha rumah makan masih menganggap bahwa sertifikasi halal tidak akan berpengaruh kepada omzet penjualan, lingkungan sekitar masih banyak yang belum menggunakan sertifikasi halal, konsumen tidak ada yang menanyakan sertifikat kehalalan rumah makan), b. Faktor Eksternal meliputi faktor pelayanan (kurangnya sosialisasi dari pihak Satgas Layanan Sertifikasi Halal Kemenag Provinsi Jambi kepada pelaku usaha rumah makan, (2) Faktor paling dominan yang mempengaruhi rendahnya minat pelaku usaha rumah makan dalam menggunakan sertifikasi halal adalah pengetahuan yang sangat rendah mengenai sertifikasi halal.</p> Rudianto Rudianto, Nurida Isnaeni, Paulina Lubis Copyright (c) 2024 Rudianto Rudianto, Nurida Isnaeni, Paulina Lubis https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/21855 Sat, 24 Aug 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Akad Murabahah Bil Wakalah Pada Produk Pembiayaan di BMT Al-Ishlah Jambi https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/22527 <p> </p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi akad <em>murabahah bil wakalah </em>yang diterapkan pada produk pembiayaan di BMT Al-Ishlah Jambi dan kesesuaiannya terhadap ketentuan Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang <em>murabahah</em>. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Akad <em>Murabahah bil wakalah</em> pada produk pembiayaan yang diterapkan di BMT Al-Ishlah Jambi sudah terlaksana dengan baik dan mengikuti syariah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI NO:04/DSN-MUI/IV/2000 tentang <em>Murabahah</em>, yaitu dimulai dengan melakukan akad <em>wakalah</em> (kuasa) terlebih dahulu dan kemudian baru dilakukan akad <em>murabahah</em> (jual beli), namun terdapat perbedaan dalam penentuan uang muka. Dimana pihak BMT Al-Ishlah Jambi tidak meminta uang muka kepada anggota melainkan hanya meminta agunan untuk dijadikan jaminan.</p> Siti Zukhoiriyah, Rafiqi, Muhammad Iqbal Bafadhal Copyright (c) 2024 Siti Zukhoiriyah, Rafiqi, Muhammad Iqbal Bafadhal https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/22527 Sat, 24 Aug 2024 00:00:00 +0700