Najaha Iqtishod: Journal of Islamic Economic and Finance https://online-journal.unja.ac.id/JIEF <p><strong>NAJAHA IQTISHOD: Journal of Islamic Economic and Finance </strong>ISSN<a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2774-5457" target="_blank" rel="noopener"> 2774-5457</a> (Electronic) ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2774-5457" target="_blank" rel="noopener">2963-797X</a> (Print), is a peer-reviewed journal and scientific journal published by the Islamic economic study program, Faculty of Economics and Business, Jambi University, Indonesia. The journal focus on studies on Islamic management, Islamic finance, Islamic accounting, Islamic financial institutions, halal markets, behavioral economics, human resources an Islamic perspective, or everything related to Islamic economic activities. The journal is published three times a year (April, August, and December). This journal is expected to support and contribute to the development of the Islamic economy in the world, especially in Indonesia.</p> en-US najaha_iqtishod@unja.ac.id (pengelolajief) nurida_isnaeni@unja.ac.id (Nurida Isnaeni) Wed, 26 Jun 2024 06:13:55 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kue Tradisional Warung Ibu Emi untuk Meningkatkan Pendapatan https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/29615 <p>Perkembangan teknologi serta persaingan dalam usaha kian tinggi, menjadikan pelaku UMKM diharuskan memiliki strategi pemasaran yang baik agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Supaya usaha yang dijalankan bisa berkembang dan memperoleh hasil yang maksimal perlu dilakukan strategi pemasaran yang efektif. Setiap bisnis tidak lepas dari prinsip syariah untuk menghindari kecurangan atau kebathilan. Sebagaimana dalam Islam telah dijelaskan bahwa kegiatan muamalah diperbolehkan selama kegiatannya tidak menyimpang dari syariat Islam, maka segala bentuk transaksi dalam pemasaran diperbolehkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Warung Ibu Emi dalam menghadapi persaingan dan bagaimana dampak dari dilakukannya strategi pemasaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pelaku usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran UMKM kue tradisional Warung Ibu Emi sesuai dengan prinsip syariah. Hasil dari wawancara dengan informan menunjukkan adanya kenaikan pendapatan total keseluruhan dari tahun 2021 sebesar Rp 36.600.000, kemudian naik menjadi Rp 37.150.000 pada tahun 2022. Maka dari itu terlihat bahwa dalam 2 tahun &nbsp;terakhir mengalami kenaikan pendapatan sebesar 1,5% dari dilaksanakannya strategi pemasaran yang dilakukan.</p> Virza Ika Annastasya, Yulimah Fitasari, Lilis Renfiana Copyright (c) 2024 Virza Ika Annastasya, Yulimah Fitasari, Lilis Renfiana https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/29615 Tue, 25 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi pada Matakuliah Investasi dan Pasar Modal Syariah https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/34359 <p>Penelitian ini mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa pada mata kuliah investasi dan pasar modal syariah. Menggunakan desain penelitian campuran, data dikumpulkan melalui survei kuesioner, wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi proyek dari mahasiswa program studi Ekonomi Islam semester 4 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam kreativitas dan inovasi mahasiswa setelah penerapan metode ini, dengan mean skor kreativitas meningkat dari 3.2 menjadi 4.5 dan mean skor inovasi meningkat dari 3.1 menjadi 4.6. Tema utama yang muncul dari analisis kualitatif mencakup peningkatan keterlibatan, pengembangan keterampilan berpikir kritis, dan motivasi untuk berinovasi. Pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam menghubungkan teori dengan praktik, mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja dengan keterampilan kreatif dan inovatif yang lebih kuat. Temuan ini menyarankan adopsi lebih luas dari metode pembelajaran ini dalam pendidikan pasar modal syariah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan kerja mahasiswa.</p> Yusuf Zaini Aprizal Copyright (c) 2024 Yusuf Z Aprizal https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/34359 Wed, 26 Jun 2024 00:00:00 +0700