Pengaruh Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jief.v4i2.26600Keywords:
Uang Saku, Perilaku Konsumtif, Pola KonsumsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh uang saku terhadap perilaku konsumtif mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi program studi Ekononomi Islam Universitas Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu melalui penyebaran kuesioner. Metode Analisis data berupa uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitan menunjukkan bahwa variabel uang saku berpengaruh secara signifinikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 (0,004<0,05) dan juga diperoleh nilai r2 sebesar 0.121 atau 12.1% yang artinya uang saku mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi sebesar 12.1%. Selain itu diketahui pola konsumsi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi yaitu 24% berperilaku Bakhil, 48 % berperilaku Wajar/Moderation, dan 28% berperilaku Israf/Tabziir.
Downloads
References
Adi, Y., Irwan, A., & Irfan, A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. YUME : Journal of Management, Vol 4 (3) 445 - 451.
Ancok, Djamaludin. (1995). Nuansa Psikologi Pembangunan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cetakan pertama, hal. 60
Budiarti, N. A. & Sandy Rizki. (2022). Tinjauan Akhlak Konsumsi Islam terhadap Penggunaan Produk Kosmetik. Bandung Conference Series: Sharia Economic Law, 2(1).
Departemen Agama RI. (2017). Al-Quran Terjemahan. Bandung: CV Darus Sunnah.
Desi Aryani. (2019). Analisis Pengaruh Financial Literacy Terhadap Materialisme Dan Perilaku Membelanjakan Uang (Studi Pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (Pip) Semarang). Dinamika Bahari, 9(2), 2337–2348.
Dewi, N., & Sunarto, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education, 6 (1) 29 - 35 .
Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2019). Pengaruh Uang Saku, Locus Of Control, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1025–1039.
Mutia, Dwi. (2018). Analisis Pengaruh Uang Saku Dan Gaya Hidup Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa.
Nurbaeti, A. (2022). Konsumsi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Azmina: Jurnal Perbankan Syariah Vol. 2 No. 1 15-27.
Pangemanan, R. H., Kindangen, P., & Masinambow, V. A. J. (2021). Analisis Ketersediaan Pangan Pokok Dan Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga Petani Di Kecamatan Pasan, Tombatu Timur Dan Belang Kabupaten Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah Vol.22 No.3.
Rikayanti, V. R., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Pembelajaran Manajemen Keuangan, dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 117–124.
Rismayanti, T., & Oktapiani, S. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Nusantara Journal of Economics Vol. 02 No. 02, pp. 31-37.
Sari, Noni Purnama. (2019). Pengaruh Uang Saku Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa FEBI IAIN Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Setiadi, Elly M. & Usman Kolip. (2011). Pengantar Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, hal. 734
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi, Bandung: Alfabeta hal. 19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pina Wulandari, Amri Amir, Rafiqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.