Pengaruh Label Halal, Religiusitas dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dan Minuman CV Teanol Group Indonesia Kota Jambi (Study Kasus Caffe Teanol Karya)

Authors

  • Muhammad Afitrah Rizal Universitas Jambi
  • Amri Amir Universitas Jambi
  • Paulina Lubis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jief.v4i3.26586

Keywords:

Label Halal, Religiusitas, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui karakteristik konsumen di CV Teanol Group Indonesia dan Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh label halal dan religiusitas terhadap pembelian Teanol Kota Jambi.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS versi 25. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah sebanyak 75 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda dan uji statistik t dan F. Berdasarkan dari hasil uji ANOVA atau F didapatkan nilai Fhitung lebih besar dibandingkan Ftabel sebesar 569,301 > 3,128 nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 lebih kecil dari nilai signifikan 0,05, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi keputusan pembelian (Y) atau dikatakan bahwa variabel label halal (X1) dan regiliusitas (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil uji t perhitungan data pada tabel tersebut, label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena T hitung lebih bsar dari T tabel sebesar 2.657 < 1,6660 dan signifikan yang dihasilkan 0,003 lebih kcil dari 0,05. Maka hal itu berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena T hitung lebih besar dari Ttabel sebesar 3,352  > 1,6660 dan signifikan yang dihasilkan 0,001 lebih kecil dari 0,05. Maka hal itu berarti Ho diterima dan Ha ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almira Nur Aulia 2018, Pengaruh Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas, Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal. Muhammadiyah Surakarta.

Era Sri Mulyani, 2020. Praktik Sistem Bonus Pada Perusahaan Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Cabang Jambi 2 Perspektif Hukum Ekonomi Syariah, UIN Sultan Taha.

Fahmi, Irham. 2016. Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Bandung: CV.Alfabeta

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J. dan Anderson, R. E. 2010. Multivariante Data Analysis, Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Ihda Kurnia Aspari, 2020, Tingkat Pengetahuan, Persepsi, Dan Sikap Masyarakat Terhadap Kehalalan Obat di Kabupaten Bojonegoro. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Purdini. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Mahabbatullah Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Rahman, A, Ebrahim, A, Rahman, S. 2015. Consumers and Halal Cosmetic Products: Knowledge, Religiosity, Attitude, and Intention. Journal of Islamic Marketing. Bingley, Vol. 6, Issue 1 (2015), PP 148-163.

Supratno, J. 2000. Teknik Sampling Untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.

Visca Mirza Vristiyana, 2019. Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal Dan Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada Industri Makanan). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA). Semarang

Downloads

Published

2024-08-27

Issue

Section

Articles