Strategi Pemasaran Rumah Makan Rawas Nibung 3 (RN 3) di Masa Covid-19

Authors

  • Ismail Pahmi Universitas Jambi
  • Rafiqi Universitas Jambi
  • Paulina Lubis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jief.v4i3.26247

Keywords:

Strategi Pemasaran, Produk, Harga, Promosi

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui, dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat rumah makan RN 3 dalam menerapkan strategi pemasaran di masa Covid-19 dan juga untuk mengetahui, dan menganalisis strategi pemasaran rumah makan RN 3 di masa Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan serta pengujian kesimpulan (drawing and verifying conclusion). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa faktor pendukung dan faktor penghambat Rumah Makan RN 3 dalam menerapkan strategi pemasaran di masa pandemi Covid-19 yaitu pendukung rumah makan RN 3 dalam menerapkan strategi pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 diantaranya adanya pelanggan setia yang bertahan pada masa pandemic dan berkembangnya media sosial sebagai sarana bisnis. Sedangkan faktor Penghambat Rumah Makan RN 3 dalam Menerapkan Strategi Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 adalah meningkatnya harga bahan pokok. Strategi Pemasaran Rumah Makan RN 3 di Masa Covid-19 dapat dilihat dari beberapa strategi pemasaran yang dilaksanakan dengan terstruktur diantaranya strategi mengelola modal pembiayaan usaha, strategi manajemen bahan baku strategi menentukan harga berbagai makanan, strategi meningkatkan kualitas produk dan memaksimalkan strategi promosi yang mana seluruh strategi tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, A. D. (2020). Pandemi Corona Sebagai Alasan Force Majeur Dalam Suatu Kontrak Bisnis. Supremasi Hukum: Jurnal Kajian Ilmu Hukum, 9(1), 41-56.

Gugup, Kismono. (2011). Bisnis Pengantar. Yogyakarta : BPFE

Halisa, N. N., & Annisa, S. (2020). Pengaruh Covid-19, Nilai Tukar Rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan Asing Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Indonesia (IHSG). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 170-178.

Hardani., dkk . (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Kartajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Lubis, A. N. (2004). Strategi Pemasaran dalam persaingan bisnis. Universitas Sumatera Utara.

Manutur, R. A., Mangindaan, J. V., & Mukuan, D. D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 bagi Usaha Rumah Makan Selera Laut. Productivity, 2(4), 304-308.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda : mulawarman university press.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Wijayanto, I., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(3), 910-918.

Zikmund dan Babin. (2010). Menjelajahi Riset Pemasaran Buku 1 Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2024-08-27

Issue

Section

Articles