Analisis Potensi Pengembangan Produk Fesyen Muslim dalam Upaya Mendukung Industri Halal Fesyen Usi Modist Jambi

Authors

  • Ngatinah Universitas Jambi
  • Nurida Isnaeni Universitas Jambi
  • Paulina Lubis Universitas Jambi

Keywords:

Potensi, Pengembangan Produk, Fesyen Muslim, LKP, Industri Halal

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan produk fesyen Muslim dalam upaya mendukung industri halal fesyen (Studi Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Usi Modist Jambi). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor kendala dalam pengembangan produk, mengetahui strategi yang dilakukan LKP Usi Modist dalam pengembangan produk serta potensi pengembangan produk dalam mendukung industri halal fesyen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan Model Miles dan Huberman kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk di LKP Usi Modist telah dilakukan dengan baik, strategi yang digunakan dapat menghasilkan produk inovasi yang berkualitas, serta potensi pengembangan produk fesyen Muslim dilihat dari bahan baku dan modelnya dapat mendukung industri halal fesyen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abite, H. (2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(7). https://doi.org/10.5281/zenodo.6568274

Basuki, K. (2019). Manajemen Produk. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Danang Sunyoto, Dasar-dasar Manejemen Pemasaran, (Yogyakarta: CAPS, 2014), hlm. 69. 18, 69.

Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. 6(03), 428–435.

Feli Parsih. (2020). Implementasi Entrepreneurship Dan Entrepreneur Dalam Keberhasilan Usaha Roti Ridho Di Kota Jambi.

Ii, B. A. B., Produk, A. K., & Kualitas, P. (n.d.). Fandy Tjiptono, Prinsip-Prinsip Total Quality Service (Yogyakarta: CV. Andi Offset), 23. Mts Arif, Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan (Malang: Bayu Media Publishing, 2007), 117. 17. 17–30.

Imanda, R., & Faizah, S. I. (2015). Motivasi Pengusaha Dalam Pengembangan Inovasi Produk (Penelitian Deskriptif Terhadap Pengusaha Garmen Muslim di Gresik). Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 2(5), 413. https://doi.org/10.20473/vol2iss20155pp413-425

Indika, D. R., Monica, C., Soleh, P., Manajemen, D., Ekonomi, F., Padjdajaran, U., Dipati, J., & No, U. (2017). Implementasi Co Creation dalam Pengembangan Produk pada Ritel Butik. Jurnal SEI Business & Management Review, I (2), 96–101. http://jurnal.iseibandung.or.id/index.php/ibmr

Kamila, E. F. (2021). Peran Industri Halal Dalam Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Di Era New Normal. Jurnal Likuid, 1(01), 33–42.

Komite Nasional Keuangan Syariah. (2018). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 1–443. https://knks.go.id/storage/upload/1573459280-Masterplan Eksyar_Preview.pdf

Kurniawan, A. R. (2014). Arief Rakhman Kurniawan, Total Marketing, (Yogyakarta: Kobis, 2014), hlm. 18.

Maulana. (2015). Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Konveksi Busana Muslim Clothing Kendal. Article, 151(2), 10–17.

Muflihin Dliyaul. (2019). Indikator Halal Dalam Industri Halal Fashion. Jurnal Saujana, 01, 53–69.

Nisa, N., Yuningsih, S., & Telkom, U. (2021). Perancangan Busana Modest Wear dengan Konsep Zero Waste. 8(6), 4114–4124.

Purnamawati, A. M., & Khasanah, R. (2019). Halal Fashion: Construction And Potential Industry Of Batik Pamekasan In Development Of Halal Industry Halal fashion. November, 62–75.

Rachman, T. (2018). Tinjauan Teoritis Tentang Produk. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Ranelis, R., Washinton, R., Malik, K., & Trisnawati, D. (2019). Peningkatan Kualitas Sulam Koto Gadang Kabupaten Agam Sumatera Barat Melalui Pengembangan Desain Produk Dan Motif Untuk Mendukung Industri Kreatif. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(3), 349–357. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.793

Rinandiyana, L. R., Kurniawati, A., & Kurniawan, D. (2017). Strategi Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Pengembangan, Desain, Dan Kualitas Produk (Kasus Pada Industri Pakaian Muslim Di Kota Tasikmalaya). 2(November), 105–113. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/319

Savitrie, D. (2008). Pola Perilaku Pembelian Produk Fashion pada Konsumen Wanita. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.

Sciences, H. (2016b). Teori Pengembangan Produk Serta Langkah-Langkah Pengembangan Produk. 4(1), 1–23.

Yusuf. (1990). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Syariah, 4(1), 56–79.

Priyanka, A. (2020). KEK Industri Halal Makin Potensial di Era New Normal. https://jambi.antaranews.com

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles