Strategi Pengembangan Ekonomi Pesantren Pondok Karya Pembangunan Al-Hidayah Kota Jambi

Authors

  • Dayanti Rahayu Universitas Jambi
  • Nurida Isnaeni Universitas Jambi
  • Rafiqi Universitas Jambi

Keywords:

Strategi, Ekonomi Pesantren, Minimarket

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis bagaimana potensi dan strategi pengembangan Al-Hidayah Mart dalam mengembangkan ekonomi pesantren di pondok karya pembangunan Al-Hidayah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan memanfatkan sumberdata berupa data primer dan sekunder serta informasi dari berbagai literatur, objek dari penelitian ini adalah Al-Hidayah Mart, dengan kajian nya adalah strategi pengembangan Al-Hidayah Mart. sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Al-Hidayah Mart memiliki peluang dan kekuatan yang besar sehingga dapat memanfaatkan dan mendayagunakannya di dalam mengembangakan Al-Hidayah Mart, adapun rekomendasi strategi dalam mengembangkan Al-Hidayah Mart dengan pendekatan analisis SWOT dan dikuatkan  menurut prespektif ekonomi Islam, diantaranya yaitu : membuat kartu member Al-Hidayah Mart, meningkatkan mutu pelayanan dan keamanan, meningkatkan kualitas SDM, dan melakukan pelatihan dan evaluasi bulanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, K. A. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Minimarket Terhadap Minat dan Kebiasaan Belanja Masyarakat di Kelurahan Tamamaung Kota Makasar. Skripsi. hlm 14.

Al-Qur’an dan Terjemahannya, Kementrian Agama RI

Anwarrosid, M. F. (2020). Upaya Pengembangan Kewirausahan Santri Melalui Unit Usaha di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo. Skripsi. IAIN Ponorogo.

Buna, I. (2008). Penelitian Kualitatif. Jurnal. STAIN Pemekasan Press.

Choirul, F. Y., & Suwito, N. S. (2010). Model Pengengembangan Ekonomi Pesantren, STAIN Yogyakarta: Purwokerto Pres.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitataif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Deasy, W. (2012). Peningkatan Entrepreneurship dalam Menciptakan Lapangan Pekerjaan dan Mengurangi Tingkat Pengangguran. Jurnal ISEI Jember. Volume 2 Nomor 2.

Deaedorrff, A. (2009). Economic Development. Deardorffs Glossary of Internasional Economic.

Dinn, W. (2015). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fredyy, R. (2014). Analissi SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Reorientasi Konsep Perencanaan Strategi untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

George, S., dan Jhon, M. (2002). Manajemen Stratejik. Penerjemah Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.

Halim, A. (2005). Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Hasbulloh. (2009). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ilham, B., & Khotibul, U. (2017). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Santri dan Masyarakat di Lingkungan pondok Pesantren Wirausaha Lantabur Kota Cirebon, Jurnal Al-Mustashfa. Vol. 2(1), Juli 2017.

Imami A. S., Halimi, F., & Muhammad, M. (2021). Penguatan Kapasitas Ekonomi Pondok Pesantren Nurul Jadid Melalui Unit Usaha EN-JE Mart, Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, Vol. 9(3).

Iskandar, P. (2010). Economics Pengantar Mikro dan Makro, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2014). Pustaka Bahasa, Jakarta: Departemen Pendididkan Nasiona Indonesia.

Katadata, (2021). Indonesia negara berpenduduk muslim terbesar dunia. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/30/sebanyak-8688-penduduk-indonesia-beragama-islam

Komariah, N. (2016). Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 221–240.

Khoerunnisa, E. (2019) Strategi Pengembangan Ekonomi Pesantren Al-Munawwir Kompleks Q Krapyak Yogyakarta (Studi Kasus Minimarket Q-Mart).

Maruf. (2019). Pondok Pesantren Lembaga Pendidikan Pembentuk Karakter. Jurnal Mubtadiin, Volume 2 Hlm 93–104.

Mulia, N. (1996). Pengantar Manajeman. Jakarta Djambatan.

Nita, A. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Mini Market Islam Sebagai Pendidikan Kemandrian Santri. Jurnal Al-Hikmah, Vol 18. Hlm 158

Nurul, F. A. (2018). Pembangunan Masyarakat Berbasis, Pengembangan ekonomi Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus Tambaksari Kedungreja Cilacap Jawa Tengah. Skripsi. IAIN Purwokerto.

Sukimin, (2012). Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitataif dan R&B, Bandung: Alfabet.

Shafwan, M. H. (2014). Inti Sari Sejarah Pendidkan Islam. Solo: Pustaka Arafah.

Rintan, S. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahan Sosial, Jurnal Kewirausahan, Volume 3 Nomor 2.

Umiarso, (2011). Pesantren di Tengah Arus Pendidikan. Semarang: Pustaka Rasail.

Wiliam, G. (1989). Manajeman Strategi & Kebijakan Perusahan, Penerjemah Hariyadin Mahardika. Jakarta: Erlangga.

Zainal, A., & Abdul, W. (2016). Kyai & Ekonomi Dialektika & Praktisi Ekonomi Islam di Madura.

Ziemik, M. (1986). Pesantren dalam Perubahan Sosial: Jakarta

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles