Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik dengan Pendekatan Ekonomi Islam pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Authors

  • Nurul Dania Siregar universitas jambi
  • Lucky Enggrani Fitri
  • Ridhwan

DOI:

https://doi.org/10.22437/jief.v4i1.21144

Keywords:

Keputusan Pembelian, Kosmetik, Label Halal, Gaya Hidup, Harga

Abstract

Industri kosmetik di Indonesia yang semakin berkembang setiap tahunnya menjadikan kosmetik sebagai salah satu kebutuhan bagi wanita muslim Indonesia. Meningkatnya pengguna produk kosmetik membuat perusahaan kosmetik terus berinovasi agar mampu bersaing dengan menawarkan berbagai kualitas agar konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian kosmetik dengan pendekatan ekonomi islam. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif deskriptif dengan analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa label halal, gaya hidup, religiusitas dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeli. Namun Secara parsial, label halal, gaya hidup dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI. (2017). Al-Quran Terjemahan. Bandung: CV Darus Sunnah.

Amir, Amri. (2015). Ekonomi dan Keuangan Islam. Jambi: Pustaka Muda.

Anggraeni, Zella. (2017). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Bachdar, F. N. (2020). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Daging Ayam di Jumbo Pasar Swalayan Kota Manado. Skripsi. Manado: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Press.

Bulan, T.P.A. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. Vol. 5(1), 430-439.

Dahmiri, Hasbullah, H. & Sari, S. S. (2020). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), Vol. 9(1), 15-22.

Dinan, F., Azhad, M. N., & Fety Fatimah, F. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Oriflame Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol. 2 (1), 16-30.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 11 Tahun 2018 Tentang Produk Kosmetika Yang Mengandung Alkohol/Etanol.

Firmansyah, M. Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Habibah, Ummu & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 1(1), .

Hosen, N. (2015). Dari Hukum Makanan Tanpa Label Halal Hingga Memilih Mazhab Yang Cocok.

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Articles