Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Kepuasan Muzakki Pada BAZNAS Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jief.v5i1.21128Keywords:
Akuntabilitas, Transparansi, Kepuasan, MuzakkiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik muzakki yang membayar zakat di BAZNAS Kota Jambi dan menganalisis pengaruh masing-masing variabel,yaitu akuntabilitas dan transparansi terhadap kepuasan muzakki. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kepuasan sedangkan independennya adalah akuntabilitas dan transparansi. Populasi dalam penelitian ini adalah muzakki yang membayar zakat di BAZNAS Kota Jambi. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan di dapatkan sebanyak 100 responden. Data dalam penelitian ini diambil menggunakan kuesioner yang di sebarkan kepada muzakki yang membayar zakat di BAZNAS Kota Jambi. Metode analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa karakteristik muzakki yang membayar zakat di BAZNAS Kota Jambi berdasarkan jenis kelamin, umur, Pendidikan, pekerjaan, penghasilan, lama menjadi muzakki. Berdasarkan hasil dari koefisien regresi menunjukkan bahwa akuntabilitas (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki dengan nilai 0,001 < 0.05. Trasnparansi (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki dengan nilai 0,001 < 0.05. Akuntabilitas dan transparansi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan muzakki dengan nilai 0,001 < 0,05.
Downloads
References
Abidin, H., & Rukmini, M. (2004). Akuntabilitas dan transparansi LSM: Problem dan ikhtiar. et. al., Kritik dan Otokritik LSM: Membongkar Kejujuran dan Keterbukaan Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia, Jakarta.
Fadilah, S. (2012). Membangun kepercayaan konsumen: faktor penting pada lembaga amil zakat seluruh Indonesia.
Ghozali, I. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Semarang: Yoga Pratama.
Inayah, N., & Muanisah, Z. (2018). Hubungan Kepercayaan, Transparansi, Dan Akuntabilitas Terhadap Loyalitas Muzakki Pada Badan Amil Zakat (Studi Kasus di Kecamatan Tegalsari Banyuwangi).
Ismatullah, I., & Kartini, T. (2018). Transparansi dan Akuntabilitas Dana Masjid dalam Pemberdayaan Ekonomi Ummat. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak dan Manajemen.
J.B. Ghartery. (2004), Akuntansi Keuangan Daerah, Jakarta: Salemba Empat.
Karhi, N. S. (1997). Beberapa Catatan Tentang Good Governance. Jurnal administrasi dan Pembangunan, 1(2), 119.
Keller, K. D., & Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas. PT. Indeks. Jakarta.
Khaerany, r. (2013). Akuntabilitas dan Transparansi Lembaga Pengelola Zakat Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Lembaga Pengelola Zakat (doctoral dissertation, universitas hasanuddin).
Nasim, A., & Romdhon, M. R. S. (2014). Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan, Pengelolaan Zakat, dan Sikap Pengelola terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan.
Nugraha, E.-. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Kualitas Pelayanan Lembaga Pengelola Zakatterhadap Komitmen Muzakki: Kepercayaan Muzakkisebagai Variabel Intervening. Akuntabilitas
Rochim, M. A. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Muzakki pada BAZNAS Kabupaten Tulungagung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Supranto J (2001), Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Asdi Mahastya.
Suryaningsih, E. D. Pengaruh Transaparansi dan Akuntabilitas Lembaga Amil Zakat terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Muzakki dalam Menunaikan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (Studi Kasus pada Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah Kabupaten Jember).
Tjiptono, F. (2022). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.
Yossi Dian Endahwati. (2014). “Akuntabilitas Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS)”, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bunga Alicia, rafiqi, ridhwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.