Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian secara Online (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim di Kabupaten Muaro Jambi)

Authors

  • Eva Eliza Universitas Jambi
  • Amri Amir Universitas Jambi
  • Paulina Lubis Universitas Jambi

Keywords:

Keputusan Pembelian Online, Kualitas Produk, Harga, Promosi

Abstract

Penelitian ini tentang Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian secara Online (Studi Kasus pada Masyarakat Muslim di Kabupaten Muaro Jambi). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana karakteristik masyarakat Muslim di Kabupaten Muaro Jambi dalam melakukan pembelian secara online (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian secara online bagi masyarakat Muslim di Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer berupa kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim di Kabupaten Muaro Jambi yang melakukan pembelian secara online. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling yaitu purposive sampling, sampel didapatkan dengan menggunakan rumus Hair dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Metode analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan karaktersitik responden berdasarkan jenis kelamin didominasi perempuan, dengan usia 20-29 tahun, dengan pendidikan terakhir SLTA/Sederajat, dengan berdasarkan media untuk pembelian online adalah marketplace, dan berdasarkan banyaknya transaksi pembelian online dalam 1 bulan yaitu 1 kali. Dan berdasarkan pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan promosi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, Siti Umi Nur. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Secara Online di Shopee dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Asnawi, N., & Fanani, M. A. (2017). Pemasaran Syariah. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Agustin, H. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayat, Gading. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Online pada Online Shop Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2016-2018). Skripsi. Malang: Universitas Islam Malang.

Hakim, M. A. (2008). Briefcase Book Edukasi Profesional Syariah Dasar dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Renaisa.

Handayani, T., & Fathoni, M. A. (2019). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, Edisi 12 Jilid 1.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Marcyellag. (2017). Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online. Retrieved Oktober 2021, from https://Komunitas.Sihemat.Com/2017/08/24/Kelebihan-Dan-Kekurangan-Belanja-Online/

Mustofa, I. (2018). Fiqh Muamalah Kontemporer. Depok: Rajawali Pers.

Rahmat, S., & Nurhakki, N. H. (2016). Pengaruh Online Shop Terhadap Minat Beli Mahasiswa STAIN Parepare. 27.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi, H. (2002). Fiqh Muamalah. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sumar'in. (2013). Ekonomi Islam Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Swastha, B. (2006). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Jakarta: Andi Offset.

Verina, E., Yulianto, E., & Latief, W. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook (Survei Pada Konsumen Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook Yang Berlokasi di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis.

Wijaya, P. S., & Teguh, C. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli di Online Shop Specialis Guess. JRMB, 149-152.

Downloads

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles