Analisis Efektivitas Pengelolaan Dana Zakat Produktif Usaha Mikro (Studi Pada Mustahik Di BAZNAS Kabupaten Muaro Jambi)

Authors

  • Al-dina Putri Universitas Jambi
  • Rafiqi Universitas Jambi
  • Ridhwan Universitas Jambi

Keywords:

Efektivitas, Zakat Produktif, Usaha Mikro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik mustahik penerima dana zakat produktif, mekanisme distribusi zakat produktif pada BAZNAS Kabupaten Muaro Jambi serta mengetahui dan menganalisis efektivitas pengelolaan dana zakat produktif pada usaha mikro mustahik dilihat dari pendapatan sebelum dan sesudah mendapatkan program dana zakat produktif. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini karakteristik responden mustahik dalam penerima program dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Muaro Jambi ini mayoritas adalah perempuan dengan persentase 75%, berdasarkan usia persentase terbesar adalah 30% mustahik yang berusia 39-48 tahun, berdasarkan pekerjaan yang mendominasi adalah Iburumah tangga dengan persentase sebesar 42,5% dan usaha mikro mustahik mayoritas adalah jenis usaha kuliner dengan persentase sebesar 55%. Mekanisme distribusi zakat produktif dilakukan dengan pengajuan mendapatkan zakat produktif, pengisian formulir di BAZNAS Kabupaten Muaro Jambi, seleksi mustahik, pendistribusian dana zakat produktif, pembinaan dan dilakukan pemantauan program. Dari titik kesesuaiannya Skala Guttman dengan mengukur indikator efektivitas suatu program berdasarkan dengan jumlah rata-rata keseluruhan sebesar yang menjawab ya sebesar 86,85% dan responden yang menyatakan tidak sebesar 13,15% sehingga dapat dikatakan program dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Muaro Jambi sudah efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Abidin, dkk. (2014). Manajemen Kolaboratif untuk Introduksi Pengelolaan Rajungan yang Berkelanjutan di Desa Betahwalang Demak. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology.

Anwar, A. T. (2018). Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat. Jurnal Zakat dan Wakaf. Vol. 5, No. 1.

Asnaini. (2008). Zakat Produktif dalam Persfektif Hukum Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyani, N. W. (2007). Efektifitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna"Eka Taruna Bhakti" Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar". Jurnal Ekonomi dan Sosial, Vol 2 No 1.

Fahruddin. (2008). Fiqh dan Manajemen Zakat Indonesia. Malang: UIN Malang Press.

Hafidhuddin, D. (2006). Mutiara Dakwah: Mengupas Konsep Islam Tentang Ilmu, Harta, Zakat dan Ekonomi Syariah. Jakarta: Kuwais.

Huda, Nurul, M. H. (2015). Lembaga Keuangan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Prenada Media Group.

Ilyas Supena, D. (2009(. Manajemen Zakat. Semarang: Walisongo Press.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Qardhawi, Y. (2007(. Hukum Zakat, terj. Salman Harun, dkk., Bogor: Pustaka.

Ridwan, M. (2014). Manajemen Bitul Maal Wa Tamwil (BMT). Yogyakarta: UII Press.

Sangadji, S. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sejathi. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran. Diambil Dari http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2108437- faktor-faktor-yang- mempengaruhi-efektivitas/ pada tanggal 4 Maret 2012.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahriza dkk. (2019). Analisis Efektivitas Distribusi Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik (Studi Kantor Cabang Rumah Zakat Sumatera Utara). Jurnal At-Tawassuth. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Vol. IV.No. 1

Umar, Husein. (2003). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wahyudi, Uud. (2018). Sosialisasi Zakat Untuk Menciptakan Kesadaran Berzakat Umat Islam. Jurnal Masyarakat dan Filantropi Islam. Volume 1, No. 1.

Weya, Keile.s (2020). Analisis Perilaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten Tolikara Propinsi Papua. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Vol. 1

Downloads

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles