Penerapan Manajemen Zakat dengan Sistem In Kind Models sebagai Upaya Produktifitas Penyaluran Zakat Produktif (Studi pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Jambi)

Authors

  • Lutfiah Agnesia Putri Rana Universitas Jambi
  • Nurida Isnaeni Universitas Jambi
  • Rafiqi Universitas Jambi

Keywords:

Manajemen Zakat, In Kind Models, Zakat Produktif

Abstract

Judul dalam penelitian ini adalah penerapan manajemen zakat dengan sistem in kind models sebagai upaya produktifitas penyaluran zakat produktif pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis manajemen zakat dengan sistem in kind models sebagai upaya produktifitas penyaluran zakat produktif pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Jambi, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis menggunakan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa   penerapan manajemen zakat produktif dengan sistem in kind models pada BAZNAS Kota Jambi dilakukan dengan beberapa tahapan, diantaranya Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing), Pengarahan (directing), dan Pengevaluasian (evaluating). Produktifitas penyaluran zakat produktif dengan sistem in kind models pada BAZNAS Kota Jambi, diantaranya membantu perekonomian mustahik, mengangkat derajat hidup mustahik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfi, F. (2012). Manajemen Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf pada Yayasan Lembaga Amil Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf (Lazis dan Wakaf) Sabilillah Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana

BAZNAS Kota Jambi. 2019. Profil BAZNAS Kota Jambi In Profil BAZNAS Kota Jambi.

Irawan, E. (2020). Potensi Zakat Dalam Pengentasan Kemiskinan. Nusantara Journal of Economics. Vol. 2 (1), (2020). 7–24.

Nia, N. Johni, N., & Qodri, M.A. 2020. Pelaksanaan Pendistribusian Zakat untuk Usaha Produktif kepada Mustahik di Kota.

Nafiyah, L. (2015). Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahiq pada Program Ternak Bergulir BAZNAS Kabupaten Gresik. Jurnal El-Qist. Vol. 5 (1). April.

Ningrum, R. T. P. (2016). Penerapan Manajemen Zakat dengan Sistem Revolving Fund Models sebagau Upaya Efektifitas Penyaluran Zakat Produktif (Studi pada Lembaga Manajemen Infaq Madiun). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama. 4(1), 1–22.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles