Pengaruh Program Jambi Cerdas BAZNAS Provinsi Jambi dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Siswa dan Mahasiswa di Kota Jambi

Authors

  • Indah Nelianti
  • Amri Amir Universitas Jambi
  • Rafiqi Universitas Jambi

Keywords:

Program Jambi Cerdas, Motivasi Belajar, Prestasi

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Program Jambi Cerdas BAZNAS Provinsi Jambi dan Motivasi Belajar dalam meningkatkan prestasi siswa dan mahasiswa di Kota Jambi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristrik siswa dan mahasiswa penerima bantuan Program Jambi Cerdas BAZNAS Provinsi Jambi, kemudian untuk mengetahui bagaimana pengaruh Program Jambi Cerdas BAZNAS Provinsi Jambi dan motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi siswa dan mahasiswa di Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder berupa observasi, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan mahasiswa penerima bantuan dana zakat pada program jambi cerdas BAZNAS pada periode 2019-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik non probability sampling yaitu purposive sampling, sampel didapat dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 78  responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristrik responden berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh perempuan, dengan usia 19-24 tahun, dengan tingkat pendidikan SMA, dengan mayoritas asal sekolah MAN 2 Kota jambi, dengan besaran bantuan terbanyak didominasi dengan jumlah Rp. 400.000,00 Berdasarkan pengujian regresi linear berganda   yang dilakukan variabel program jambi cerdas dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi siswa dan mahasiswa di Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, A. (2015). Pemberdayaan Zakat untuk Pendidikan. Nur El-Islam, 2, 1–10.

Amalia, E. (2009). Keadilan Distributif dalam Ekonomi Islam. (R. Press (ed.)).

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. PT RajaGrafindo Persada.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafidhuddin, D., P. R. (2008). Kaya Karena Zakat. Penebar Swadaya.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Iqbal, Z. (2000). Economic Rationale For The State Collection of Zakah. International Journal of Islamic Financial Services. Vol.2.

J. Supranto. (2003). Metode Penelitian Hukum dan Statistik. PT. Rineka Cipta.

Kementrian Agama. (2013). Direktorat Masyarakat Islam, Direktorat Pemberdayaan Zakat. (Panduan Zakat Praktis).

Nugraha, S. E. R. E. (2020). Laporan Tahunan Pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah BAZNAS Provinsi Jambi.

Qudamah, I., & Al-Mughni, A. (2007). Bahasa Oleh Amir Hamzah (Cet.3). Pustaka Azzam.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah. 9(2). https://doi.org/10.24235/amwal.v9i2.1794

Uno., H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Yamin., M. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Gaung Pesada (GP) Press.

Downloads

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles