Pengaruh Etos Kerja Islami dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menenggah (UMKM) Kuliner di Jambi Kota Seberang

Authors

  • Camelia Fitriani Universitas Jambi
  • Amri Amir Universitas Jambi
  • Rafiqi Universitas Jambi

Keywords:

Etos Kerja Islami, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Karyawan

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan ekonomi kerakyatan yang berdiri sendiri dan berskala kecil serta dikelola oleh kelompok masyarakat atau keluarga. Adanya UMKM di Indonesia sangat strategis dalam rangka peningkatan perekonomian nasional, karena dapat menyerap jumlah tenaga kerja dan mengurangi jumlah penganguran yang ada di Indonesia. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai sebuah organisasi dituntut memiliki kinerja yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etos kerja Islami dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja karyawan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner di Jambi Kota Seberang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 responden karyawan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner di Kelurahan Ulu Gedong Kota Jambi. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Umkm kuliner di Kelurahan Ulu Gedong Kota Jambi menujukkan Etos Kerja Islami dan Orientasi Karyawan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Etos Kerja Islami secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan. Orientasi Kewirausahaan secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Abbas D. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makasar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), 95-111.

Sinarasri, A. (2013). Analisis Penggaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional 2013, 43-53.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES

Tasmara, K. T. (2002). Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta: Gema Insani

Downloads

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles