The effect firm characteristic on corporate social responsibility disclosure in the firms listed in Indonesia Sharia Stock Index

Authors

  • Ahmad Rifani Irham Faculty of Economics, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Sa'adah Yuliana Faculty of Economics, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Marlina Widiyanti Faculty of Economics, Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/ppd.v6i3.5820

Abstract

This study aims to analyze the effect of firm characteristics of corporate social responsibility disclosure. The population in this study is as many as 143 companies listed in the Indonesia Sharia Stock Index, whereas units of analysis in this study were 43 companies listed in the Indonesia Sharia Stock Index for the period 2012-2016. The type of data used is secondary data with multiple linear regression analysis. The result shows that firm size and profitability have significant influence, while leverage and firm growth have no significant effect on corporate social responsibility disclosure. This study supports signaling theory in which the information presented will be a good signal for external parties for sustainable development for the company.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Agustya Kurratul. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Kinerja. Vol. 12 No.1.

Andriyani, Rida dan Muhammad Khafid. (2014). Analisis Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Voluntary Disclosure Terhadap Manipulasi Aktifitas Rill. Accounting Analysis Journal Vol. 3 No. 3 pp. 273-281.

Anugrah, Rita., Roland, dan W. Faradilla. (2010). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI. Jurnal Ekonomi Vol. 18 No. 1

Arifianata, Ahmad Faris dan Agus Wahyudin. (2016). Karakteristik Perusahaan Terhadap Environmental Disclosure dengan Good Corporate Governanve Sebagai Pemoderasi. Acounting Analysis Journal Vol. 5 No. 2, pp: 47-56.

Arifin, Zaenal. (2005). Teori Keuangan dan Pasar Modal, Ekonosia, Yogyakarta, hal. 11.

Brigham, Eungene F. dan Joel F. Houaton. (2001). Manajemen Keuangan, Erlangga, Jakarta, pp. 36.

Chauhan, Swati and Amit. (2014). A relational study of firm’s characteristics and CSR expenditure. Procedia Economics and Finance. Vol. 11 pp. 23-32.

Fauziah, Khusnul dan Prabowo Yudho Jayanto. (2013). Analisis Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perbankan Syariah di Indonesia Berdasarkan Islamic Social Reporting Indeks. Jurnal Dinamika Akuntansi. Vol.5, No.1, Maret 2013, pp.12-20.

Feri, Mochamat. (2013). Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Properti Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. Jurnal Manajemen. Vol. 1 No. 6, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, pp. 1561.

Ghozali, Imam. (2009). “Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program SPSS”. Badan Penerbit Unversitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali, Imam dan Chariri. (2007). Teori Akuntansi International Financial Reporting. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gray, R.H., Owen, D. and Adams, C. (1996), Accounting and Accountability, Prentice Hall, Hemel Hempstead.

Hastuti, Widya. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Tipe Industri Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Laporan Tahunan (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur yang listing di BEI).Jurnal Akuntansi. Vol 2 No. 2.Universitas Negeri Padang.

Imam, Wibowo dan Sekar. (2014). Dampak Pengungkapan Sustainability Report terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dan Pasar Perusahaan. Seminar Nasional Akuntansi 17

Iqbal, M. Dan T. Sudaryanto. (2008). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) dalam Prespektif Kebijakan Pembangunan Pertanian. Analisis Kebijakan Pertanian.Volume 6 No. 2, Juni 2008: 155- 173.

Jannah, Awalya Ma’rifatul dan Asrori. (2016). Pengaruh GCG, Size, Jenis Produk dan Kepemilikan Saham Publik terhadap Pengungkapan ISR. Accounting Analysis Journal. Vol. 5 No.1.Universitas Negeri Semarang.

Johansen, T.R.J. and Pettersson, K. (2013), “The impact of board interlocks on auditor choice and audit fees”, Corporate Governance: An International Review, Vol. s21 No. 3, pp. 287-310.

Kamil dan Antonius. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility.Media Riset Akuntansi.Vol. 2 No. 1.

Khoirudin, Amirul. (2013). Corporate Governance dan Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perbankan Syariah di Indonesia. Accounting Analysis Journal.Vol. 2 No. 2. Universitas Negeri Semarang.

Kurnianingsih, Heni Triastusi. (2013). Pengaruh Profitabilitas dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility.Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis.Vol. 13 No. 1.

Kretarto, Agus. (2001). Investor Relation: Pemasaran dan Komunikasi Keuangan Perusahaan Berbasis Kepatuhan, Grafiti Pers, pp. 53.

Marfuah dan Yuliawan Dwi Cahyono. (2011). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi Auditing Indonesia. Vol. 15 No. 1 pp. 103-115.

Marina, Yosy. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Study Empiris pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Mahasiswa. Vol 1.No. 1. Universitas Andalas.

Maulida, Aldehita Purnasanti, Agung dan Asrori. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reproting (ISR).SNA 17 Mataram, Lombok. 24-27 September 2014.

Munsaidah, Siti., Rita dan Agus Supriyanto. (2016). Analisis Pengaruh Firm Size, Age, Profitabilitas, Leverage, dan Growth Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2014. Journal Of Accounting.Vol. 2 No.2.

Ningrum, Ratna Aditya, Fachrurrozie dan Prabowo Y.J. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap Pengungkapan ISR. Accounting Analysis Journal.Vol. 2 No. 4.Universitas Negeri Semarang.

Novita Indrawati. (2009). Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Annual Report serta Pengaruh Political Visibility dan Economic Performance.Pekbis Jurnal. Vol.1, No.1, Maret 2009: 1-11. Universitas Riau

Nugroho, Mirza Nurdin dan Agung Yulianto. (2015). Pengaruh Profitabilitas dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan CSR Perusagaan Terdaftar JII 2011-2013. Accounting Analysis Journal Vol. 4 No. 1 pp. 1-12.

Nurnaeni dan Antin Rakhmawati. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Food & Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2013. Jurnal Yudharta. Vol. 1 No. 1.

Oktania, Anne Erika. (2013). Analisis Profitabilitas dan Likuiditas dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 2 No. 3.

Pratiwi, Dyah Putri. (2017). Pengaruh Growth Opportunity, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol. 6, No. 2.

Putri, Rafika Anggraini dan Yulius Jogi Christiawan. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan-perusahaan yang mendapat penghargaan ISRA dan Listed (Go-Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2010-2012). Business Accounting Review.Vol 2.No.1.

Purba, Ide Bagus Gde Indra Wedhana dan Putu Yadnya. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility.E-Jurnal Manajemen Unud.Vol. 4 No. 8.

Purwanto, Agus. (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi & Auditing Vol 8 No. 1.

Rawi dan M. Muchlish. (2010). “Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusi, Leverage dan Corporate Social Responsibility”. Simposium Nasional Akuntansi XIII.Purwokerto.

Rindawati, Meita Wahyu dan Nur Fadjri Asyik. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi.Vol. 4 No. 6.

Rosiana, E. G., Juliarsa, G., dan Sari M. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR tehadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3),723-738

Sari, Rizkia Anggita. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Nominal. Volume 1 Nomor 1.Universitas Negeri Yogyakarta.

Sembiring, Eddy Rismanda. (2006). “Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta”.Jurnal Maksi Universitas Diponegoro Semarang.Vol. 6, No. 1, Januari, pp.69-85.

Setiawati, Erma., Zulfikar, dan Riza Artha. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap CSR (Survey pada Industri Perbankan di Indonesia). Proceeding Seminar Nasional dan Call For Papers Sancall 2013. Surakarta.

Setyo, Arum Mestuti. (2012). Analisis Pengaruh Manajemen Laba terhadapTanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderating: Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2009-201. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro

Sriayu, Gusti Ayu Putu Wiwik dan Ni Putu Sri Harta Mimba (2013).Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap CSR Disclosure.E-Jurnal Akuntansi Universitas UdayanaVol. 5. No. 2 pp. 326-344.

Sudarmadji, Ardi dan Lana Sularto. (2007). “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, leverage, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan”, Proceeding PESAT, Volume 2.

Tunggal, Amin Widjaja. (2008). Dasar – Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta : Harvindo.

Utami, Sri dan Sawitri Dwi Prastiti. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Social Disclosure.Jurnal Ekonomi Bisnis. Vol. 16.No. 1. pp. 63-69.

Veronica, Theodora Martina. (2015). “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol. 20 No.2. pp. 1-11.

Wakid, Nadia Lutfi., Iwan, dan Prihat. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibilty Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal El-Muhasaba.Vol. 4 No.1. pp. 1-27.

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility), Gresik: Fasch Publising.

Widiawati, Septi dan Surya Raharja. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan yang Terdapat pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011.Diponegoro Journal of Accounting.Volume 1 Nomor 2. pp. 1-15

Zuhroh, Diana dan I Putu Pande Heri Sukmawati. (2003). “Analisis Pengaruh Luas Pengungkapan Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan terhadap Reaksi Investor”. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.

Downloads

Published

2018-12-29 — Updated on 2018-12-29

How to Cite

Irham, A. R., Yuliana, S., & Widiyanti, M. (2018). The effect firm characteristic on corporate social responsibility disclosure in the firms listed in Indonesia Sharia Stock Index. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 6(3), 303 - 318. https://doi.org/10.22437/ppd.v6i3.5820