Socio-economic determinants of tourism trips by Jambi residents

Authors

  • Hardiani Hardiani Faculty of Economics and Business, University of Jambi
  • Amril Amril Faculty of Economics and Business, University of Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/ppd.v4i4.3801

Abstract

This study aims to analyze: 1) characteristics of trips generated by Jambi residents both for tourism purposes or other purposes; 2) characteristics of Jambi residents going on a tourism trip; 3) Socio-economic factors affecting tourism trips generated by Jambi residents. Data was taken from raw data provided in the result of Indonesian National Social Economic Survey (SUSENAS) for Jambi Province 2015. Descriptive research method was used to analyze the characteristics of trips by Jambi residents and of the tourists. Binary logistic regression model was used to analyze factors affecting tourism trips generated by residents. The study found: 1) Number of trips generated by Jambi residents are still relatively low. Only 14.4 percent of the total population has traveled within the last six months; 2) Besides the low number of trips, tourism activities are still relatively limited. Only 17.79 percent of population go on a tourism trip; 3) Tourist attractions in Jambi Province itself are the most common tourism destinations for Jambi residents, then followed by tourist attractions in South Sumatra, West Sumatra and Bengkulu; 4) Tourism trips generated by residents are mostly family trips, so they are relatively dominated by children and parents; 5) Socio-economic factors that significantly influence residents to go on a tourism trip are age, education, and family status. In addition, there is a probability difference of tourism trips by residents of the city and of the regency in Jambi Province.
Key words: tourism attraction, family trip, tourism trip

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) karakteristik perjalanan penduduk di Provinsi Jambi baik untuk tujuan wisata maupun tujuan lainnya; 2) karakteristik penduduk yang melakukan perjalanan wisata di Provinsi Jambi; 3) Faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi perjalanan wisata penduduk di Provinsi Jambi. Data bersumber dari “raw data†SUSENAS Tahun 2015 Provinsi Jambi. Untuk menganalisis karakteristik perjalanan penduduk, dan karakteristik individu wisatawan dilakukan secara deskriptif. Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perjalanan wisata penduduk digunakan model regresi binary logistik. Hasil penelitian menemukan: 1). Aktivitas perjalanan penduduk di Provinsi Jambi masih relatif rendah. Hanya 14,14 persen dari total penduduk yang pernah melakukan perjalanan dalam enam bulan terakhir; 2)  Selain rendahnya aktivitas perjalanan tersebut, aktivitas perjalanan untuk wisata juga masih relatif terbatas. Hanya 17,79 persen total penduduk yang melakukan perjalanan untuk berwisata; 3) Objek tujuan wisata penduduk Provinsi Jambi didominasi objek wisata yang ada di Provinsi Jambi sendiri, selain objek wisata yang ada di provinsi-provinsi berdekatan yaitu Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Bengkulu; 4). Perjalanan wisata penduduk didominasi oleh perjalanan wisata keluarga, sehingga relatif didominasi oleh anak-anak dan orang tua; 5) Faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh nyata terhadap perjalanan wisata penduduk adalah umur, pendidikan dan status dalam keluarga. Selain itu, terdapat perbedaan probabilita perjalanan penduduk untuk wisata antara kabupaten/kota di Provinsi Jambi.
Kata Kunci: objek wisata, wisata keluarga, perjalanan wisata

REFERENCES

Agustin, Sentosa S U, Aimon H. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan wisatawan domestik terhadap ojek wisata bahari Pulau Cingkuak Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Kajian Ekonomi, July, Vol. III No. 5, 2014; 1 – 20.

Cohen, E. (1972). Towards a sociology of international tourism. Social Research, 39(1), 164-182.

Damanik, Janianton dan Weber, Helmut. (2006). Perencanaan ekowisata dari teori ke aplikasi. Yogyakarta: PUSPAR UGM and Andi. 

Ernita. Y 2001. Karakteristik pola perjalanan wisata di obyek-obyek Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Bachelor’s Thesis. Surakarta, Fakultas Geografi, UMS

Fandeli, C. (1995). Dasar-dasar manajemen kepariwisataan alam. Yogyakarta: Liberty

Foster, D. (1985). Perjalanan dan manajemen pariwisata. Mac.Milan

Gamal, S. (1997). Dasar-dasar pariwisata. Edisi pertama. Cetakan pertama. Penerbit Andi.Yogyakarta.

Hardiani,H; Junaidi,J. (2011). Analisis kuantitas dan kualitas penduduk sebagai orientasi pembangunan di Provinsi Jambi. Laporan Penelitian. Kerjasama BKKBN dengan PSK UNJA. Jakarta

Irawan, K. (2010). Potensi objek wisata air terjun Serdang sebagai daya tarik wisata Di Kabupaten Labuhan Batu Utara. Paper works. Non-Degree Tourism Education Programs. Universitas Sumatera Utara.

Junaidi,J; Hardiani,H. (2009). Dasar-dasar teori ekonomi kependudukan. Jakarta. Hamada Prima

Junaidi, J. (2015). Bentuk fungsional regresi linear (aplikasi model dengan Program SPSS). Jambi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Marpaung, H.(2002). Pengantar pariwisata. Bandung :Alfabeta

Mulyani, R. (2006). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Pantai Carita Kabupaten Pandeglang. Bachelor’s Thesis. Fakultas Pertanian. IPB

Novitri, Q., Junaidi, J., & Safri, M. S. M. (2014). Determinan penerimaan daerah dari sektor pariwisata di kabupaten/kota Provinsi Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 1(3), 149.

Pendit.N S. (1994). Ilmu pariwisata sebuah pengantar. Perdana. Jakarta.

Pitana, I Gde. 2005. Sosiologi pariwisata, kajian sosiologis terhadap struktur, sistem, dan dampak-dampak pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset

Sinclair, M. Theadan Mike Stabler. 1997. Economics of tourism. Routledge London

Soekadijo, R.G, (2000), anatomi pariwisata: memahami pariwisata sebagai â€system lingageâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Smith, Valene., (1977). Hosts and guests: the anthropology of tourism, University of Pennsylvania Press, Philadelphia.

Yoon, Y., Uysal, M. (2005).An examination of the effects of motivation and satisfaction on destination loyalty: a structural model. Tourism Management, 26(1), 45-56.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10.Tahun 2009. tentang Kepariwisataan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-30 — Updated on 2017-06-30

How to Cite

Hardiani, H., & Amril, A. (2017). Socio-economic determinants of tourism trips by Jambi residents. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 4(4), 219 - 230. https://doi.org/10.22437/ppd.v4i4.3801