ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) DI KOTA JAMBI (STUDI KASUS PADA UMKM BATIK DI SEBERANG KOTA JAMBI)

Authors

  • M Sholihin Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia
  • Mukhzarudfa Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia
  • Wiwik Tiswiyanti Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia

Keywords:

Sosialisasi, Jenjang pendidikan, Ukuran usaha, Umur usaha, Pemahaman teknologi informasi, Implementasi SAK EMKM, Regresi linier berganda

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh sosialisasi, jenjang pendidikan, ukuran usaha, umur usaha dan pemahaman teknologi informasi terhadap implementasi SAK EMKM, baik secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Jambi, literatur, dan jurnal penelitian, sedangkan data primer diperoleh langsung dari UMKM Batik Seberang Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah UMKM Batik Seberang Kota Jambi, Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan berbagai kriteria jumlah sampel sebanyak 41 UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian casual-comparative research.  Teknik  analisis   yang   digunakan  adalah   regresi    linier    berganda   dan    uji    hipotesis    menggunakan    t-statistik    untuk    menguji     koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan dengan tingkat kepercayaan 5%. Selain itu semua variabel telah diuji dengan uji asumsi  klasik.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi dan ukuran usaha berpengaruh terhadap implementansi SAK EMKM, namun jenjang pendidikan, umur usaha dan pemahaman teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap implementansi SAK EMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adino, I. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Pelaku Umkm Terhadap SAK EMKM : Survey Pada UMKM Yang Terdaftar Di Dinas Koperasi Dan Ukm Kota Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Kompetif. Vol. 2 (3).

Badan Pusat Statistik, https://infoukm.wordpress.com/2008/08/11/keragaman-definisi-ukm-di-indone sia/. Diakses pada 15 Februari 2020.

Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM. 2019. Data Jumlah UMKM. Kota Jambi. Ghazali, I. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro: Semarang.

Https://www.depkop.go.id/data-umkm. Diakses pada 13 Maret 2020. Https://www.scribd.com/ document/343770958/Renstra-Diskop UMKM. Diakses pada 6 Maret 2020.

Https://yogyakarta.kompas.com/read/2010/12/30/16443195/industri.batik.jambi.kian. menyusut. Diakses pada 6 Maret 2020.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2016. Exposure Draft Standar Akuntansi Keuangan Mikro, Kecil dan Menengah (ED SAK EMKM): Jakarta.

Karmela, S. H. 2015. Batik Dan Tenun: Cerminan Budaya Melayu Bagian Dari Ekonomi Dan Industri Kreatif Di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol.15 (4).

Listiorini, dan Ika, D. 2018. Pengaruh Jenjang Pendidikan Dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha UMKM

Mitra Binaan Bank Sumut Medan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis.Vol. 4 (1).

Pratiwi, N. B., dan Hanafi, R. 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Akuntansi Indonesia, Vol. 5 (1).

Rudiantoro, R., dan Siregar, S. V. 2011. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh 2011.

Sariningtyas, P., dan diah, T. W. 2011. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol. 1 (1).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Venkatesh, V., Morris, M. G. ., Davis, G. B. ., & Davis, F. D. .2003. User Acceptance

Of Information Technology : Toward A Unified View Published By : Management Information Systems Research Center , University Of Minnesota. Management Information Systems Research Center. Vol. 27 (3).

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

M Sholihin, Mukhzarudfa, & Tiswiyanti, W. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) DI KOTA JAMBI (STUDI KASUS PADA UMKM BATIK DI SEBERANG KOTA JAMBI). Jambi Accounting Review, 1(3), 297-309. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/JAR/article/view/13623