PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA BANK BRI SYARIAH KOTA JAMBI)

Authors

  • Oki Permata Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia
  • Ilham Wahyudi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia
  • Wiwik Tiswiyanti Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jar.v1i3.13567

Keywords:

Intellectual Capital, Human Capital, Costumer Capital, Structural Capital, Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing komponen di dalam Intellectual Capital(Human Capital, Costumer Capital, dan Structural Capital) terhadap Kinerja Keuangan. Penelitian ini menggunakan teori resource based view untuk menjelaskan bahwa perusahaan harus bisa mengembangkan dan memberdayakan sumber daya yang ada guna mencapai keunggulan kompetitifnya.Populasi dari penelitian ini adalah Bank BRI Syariah di Kota Jambi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 42. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 22.0. Analisis data yang digunakan berupa uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Intellectual Capital (Human Capital, Costumer Capital, dan Structural Capital) berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan. Secara parsial menunjukkan bahwa Human Capital, Structural Capital berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan, sedangkan Costumer Capital tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: UNDIP.

Ghozali Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: UNDIP.

Helmiatin. 2013. Analisis Peran Intellectual Capital Terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Terbuka. Skripsi

Helmiatin. 2013. Analisis Peran Intellectual Capital Terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Terbuka. Jurnal Manajemen.

Http://www.ojk.go.id/

Http://www.bi.go.id/

Http://finance.detik.com

Indriantoro, Nur dan Bambang Suporno, 2002. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: Lembaga Penerbit BPFE. Hal.63

Islamiyah, Syuwaibatul, 2015. Pengaruh Modal Intelektual dan Tata Kelola Perusahaanterhadap Kinerja Keuangan pada Efek Syariah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya,Surabaya

Jumingan, 2006. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.Nurachman, Dwi Aditya.2014. Pengaruh Akuntabilitas Publik dan Sistem AkuntansiKeuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Skripsi

Prambodo, Beth Yulika Wardani dan Amanah, Lailatul, 2016. Analisis Pengaruh IntellectualCapital terhadap Likuiditas Perusahaan Perbankan Syariah. Jurnal Ilmu dan RisetManajemen: Vol. 5,No. 11. ISSN: 2461-0593.

Raharjanti, 2015. Hubungan dan Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Keuangan di Indonesia. Universitas Diponegoro, Semarang.

Sawarjuwono, Tjiptohadi dan Kadir, Agustine Prihatin, 2003. “Intellectual Capital: Perlakuan,Pengukuran dan Pelaporan (sebuah library Research)†jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 5 No. 1.

Soetedjo, Sugeng dan Mursida, Safrina, 2014. Pengaruh Intellectual Capital terhadap KinerjaKeuangan pada Perusahaan Perbankan. Jurnal SNA 17 Mataram. Universitas Mataram,Lombok.

Solikhah, B., Rohman, A., & Meiranto, W. 2010. Implikasi Intellectual Capital Terhadap Financial Performance, Growth and Market Value: Studi Empiris dengan PendekatanSimplistic Spesification. SNA XIII. Purwokerto.

Sutanto, Natalia, dan Siswantaya, I Gede. 2014. Pengaruh Modal Intellectual Capital terhadapKinerja Perusahaan pada PerusahaaN Perbankan yang Terdaftar di Bursa EfekIndonesia. Jurnal Ekonomi, Vol. 26, No. 1, ISSN 0852-1875.

Thaib, Faezal, 2013. Value Added Intellectual Capital (VAHU, VACA, STVA), Pengaruhnya terhadap Kinerja Keuangan Bank Pemerintah periode 2007-2011. Jurnal EMBA, Volume 1. No. 3. Hal. 153

Uep Tatang, Sontani dan Sambas, Ali Muhidin. 2011. Desain Penelitian Kuantitatif, Bandung: Karya Andhika Utama.

Ujiyantho dan Pramuka, 2007. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan go publik Sektor Manufaktur. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.

Wulandari, Sri, 2015. Analisis Pengaruh Intellectual Capital terhadap Produktivitas Bank Umum Syariah. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Permata, O., Wahyudi, I., & Tiswiyanti, W. (2021). PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA BANK BRI SYARIAH KOTA JAMBI). Jambi Accounting Review (JAR), 1(3), 231-244. https://doi.org/10.22437/jar.v1i3.13567