Pengaruh Media Piramida Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Tendangan Lurus Pada Materi Bela Diri Pencak Silat
(The Influence of Pyramid Media on the Basic Technical Capabilities of a Straight Kick on Pencak Silat Self-Defense Material)
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9721Keywords:
Media, Piramida, Kemampuan, Tendangan Lurus.Abstract
This research is motivated by the students' skills in one of the basic techniques in a straight kick which is not good, especially when implementing a straight kick. This study applies the use of pyramid media which aims to determine the effect of the pyramid media on the ability of the basic technique of a straight kick on martial arts martial arts class VII students of SMP Negeri 2 Pangkalpinang. This research uses a quantitative approach with pre-experimental methods. The design used is one group pretest-posttest design. The population of the study was 262 students of SMP Negeri 2 Pangkalpinang with 262 students while the sampling technique was cluster random sampling, the sample in this study was 33 students. The data analysis technique of this study used a normality test with a pretest value of 0.234 and a posttest value of 0.126 while a Dtable value of 0.2077. Of the two groups of data has a value ≤ Dtable so that both groups of data are said to be normally distributed while the homogeneity test is obtained Fcount 1.27 <Ftable1.80 then the data has a homogeneous variant and the T test for the hypothesis test there is an increase of 42%, then seen from the results of tcount 18,173> table 2.0423 with a significance level of 0.05% which means that Ho was rejected and Ha was accepted. Then it can be stated that there is an influence of the pyramid media on the ability of the basic technique of a straight kick on martial arts martial arts class VII graders of SMP Negeri 2 Pangkalpinang.
Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan siswa pada salah satu teknik dasar dalam tendangan lurus yang kurang baik terutama pada saat pelaksanaan tendangan lurus. Penelitian ini menerapkan penggunaan media piramida yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media piramida terhadap kemampuan teknik dasar tendangan lurus pada materi bela diri pencak silat siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental. Desain yang di gunakan yatiu one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangkalpinang sebanyak 262 siswa sedangkan teknik pengambilan sampel dengan teknik kluster random sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 33 siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan nilai pretest Dhitung 0,234 dan posttest Dhitung 0,126 sedangkan nilai Dtabel 0,2077 . Dari kedua kelompok data memiliki nilai ≤ Dtabel sehingga kedua kelompok data tersebut dikatakan berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung 1.27<Ftabel1.80 maka data memiliki varian yang homogen dan uji T untuk uji hipotesis terdapat peningkatan sebesar 42%, kemudian dilihat dari hasil thitung 18,173 > ttabel 2.0423 dengan taraf signifikan 0,05 % yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh media piramida terhadap kemampuan teknik dasar tendangan lurus pada materi bela diri pencak silat siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangkalpinang.
Downloads
References
Andari, M. S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok Bermain Di Kb/Ba Restu 1 Kota Malang Melalui Media Piramida Cerita. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Aina, M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk Siswa SMA Kelas XI MIA. Biodik, 2(1).
Amran .(2010). Menguak Rumpun Pencak Silat Minangkabau. Pekan Baru: Sutera Benta Perkasa.
Anto,A.H. (2019). PENGARUH VARIASI LATIHAN SINGLE LEG JUMP TERHADAP PENINGKATAN HASIL LOMPAT JAUH SISWA SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Indonesian Journal Of Sport Science And Coaching, 1(2), 75-80.
Ali Maksum. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Semarang: Unesa University Press.
Agus Widodo. (2012). ‘Persepsi Pelajar Terhadap Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa Sekota Semarang Tahun 2012’. Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreations. 1 (3). Hlm. 1-135.
Arifudin, A., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Obyek 3 Dimensi Digital Sel Hewan dan Tumbuhan Memanfaatkan Piramida Hologram Untuk MTS. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 9-15.
Arsyad Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Badru Zaman, (2012). Media Dan Sumber Belajar TK. Banten: Universitas Terbuka.
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3).
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Erwin Setyo Kriswanto. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Edi Riadi. (2014). Metode Statistik Parametrik Dan Non Parametrik. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.
Eddy Purnomo. (2007). Gerak Dasar Atletik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Filipus, W. (2019). Pengembangan Modelteknik Egosan Dengan Tendangan Lurus Pada Pencak Silat (Doctoral Dissertation, UNIMED).
Hamid Darmadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Handoko, A. H., & Pandiangan, D. S. (2019). PENGEMBANGAN PAPAN TUMPUAN DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH. Indonesian Journal Of Sport Science And Coaching, 1(2), 65-74.
Haryani Nasution. (2017). Buku Pintar Pencak Silat. Jakarta: Anugerah.
Ihsan, N., & Suwirman, S. (2018). Sumbangan Konsentrasi Terhadap Kecepatan Tendangan Pencak Silat. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 8(1), 1-6.
Ihsan, N., Yulkifli, Y., & Yohandri, Y. (2018). Instrumen Kecepatan Tendangan Pencak Silat Berbasis Teknologi. Jurnal Sosioteknologi, 17(1), 124-131.
I Made Sukardi. (1983). Bimbingan Penyuluhan. Surabaya: Usaha Nasional.
Johansyah Lubis Dan Hendro Wardoyo. (2016). Pencak Silat Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Joyce, B., Marsha Weil And Emily Calhoun. (2000). Models Of Teaching. Boston: Allyn And Bacon Edisi Ke-6.
M.Said Hasan. (2015). ‘Hubungan Antara Panjang Tungkai, Keseimbangan Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Tendangan Depan Pada Cabang Olahraga Pencak Silat Mahasiswa FIK UNM’. Jurnal Ilara. VI (2), Hlm. 1-74.
Mila Mardotillah. (2016). Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Bela Diri, Dan Pemeliharaan Kesehatan’. Jurnal Antropologi. 18 (2). Hlm. 121-133.
Murniasari. (2008). Atletik. Jakarta: Ganeka.
Ningtyas, R. R. (2019). Efektivitas Latihan Power Tungkai Menggunakan Media Untuk Meningkatkan Kecepatan Tendangan Mawashi Geri Pada Atlet Karate Aka Inazuma Training Camp Bandar Lampung.
Nugraha, B. E. (2014). Analisis Kecepatan Tendangan Pencak Silat Pada Pesilat Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Mulawarman. Samarinda: Universitas Mulawarman.
Pardjono, Dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Rosdiani. (2013). Perencanaan Pembelajaran Dalam Penjaskes. Bandung: Alfabeta.
Royana, I. F. (2017). Pelestarian Kebudayaan Nasional Melalui Permainan Tradisional Dalam Pendidikan Jasmani. In Seminar Nasional Keindonesiaan II Tahun 2017 “Strategi Kebudayaan Dan Tantangan Ketahanan Nasional Kontemporer, FPIPSKR Universitas PGRI Semarang (Pp. 1-11). Universitas PGRI Semarang.
Rusli Lutan. (2004). Strategi Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka. Saeful Azwar. (2000) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Universitas Terbuka.
Sadikin, A. (2018). Penerapan Jurnal Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Biologi. Bioeducation Journal, 2(1), 70-75.
Saputra, A., Muzaffar, A., Alpaizin, M., & Wibowo, Y. G. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PEMAIN SEPAK BOLA SSB PRATAMA KABUPATEN BATANGHARI. Indonesian Journal Of Sport Science And Coaching, 1(1), 1-10.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudijono. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sucipto. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Pencak Silat. Jakarta Pusat: Dirjen Olahraga.
Steffi Adam. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam’. Jurnal CBIS. 3 (2). Hlm. (1-13).
Sajoto. (1988). Peningkatan Dan Pembinaan Kekuatan Kondis Fisik Dalam Olahraga, Semarang, Dahara Prize.
Sholichah, L. A. M., & Sukidi, M. (2011). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Piramida Cerita Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
Soetoto Pontjopoetro. (2002). Lompat Tali. (Http://Indoshvong. Blogspot. Com/2010//). Diunduh Pada Tanggal 12 September 2014.
Subagiyo, Dkk. (2003). Perencanaan Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suharsimi Arikunto. (2002). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sumadi Suryabrata. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Syaiful Bahri. (1994). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Tim Abdi Guru. (2006). Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Kelas IV. Erlangga.
Udin S Winataputra, M.A., Dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wilujeng, F. (2011). Penerapan Media Piramida Cerita unuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SDN Pagentan 05 Singosari. Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Yudha M. Saputra. (2001). Teori Bermain. Jakarta. Depdiknas.
Yuliantika, S. (2017). Pengembangan Media Piramida Cerdas Pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Untuk Siswa Kelas IV SD (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).