Analisis Keterampilan Teknik Menendang Bola pada Siswa Kelas V SD Negeri Karyawangi Bandung
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v7i1.30232Keywords:
Sepak bola, Keterampilan, Teknik menendangAbstract
Sepak bola merupakan salah satu olahraga dengan jumlah penggemar terbanyak di Indonesia, dan teknik menendang bola merupakan keterampilan dasar yang penting dalam permainan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan teknik menendang bola pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Karyawangi Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei, di mana pengumpulan data dilakukan melalui tes langsung di lapangan. Penelitian ini melibatkan 28 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada dalam kategori cukup dalam keterampilan menendang bola, dengan variasi hasil antara sangat baik, baik, dan kurang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan keterampilan ini meliputi tingkat perkembangan fisik dan kognitif, pengalaman sebelumnya, latihan, serta dukungan dari guru atau pelatih. Selain itu, banyak siswa mengalami kesulitan dalam teknik menendang dengan kaki bagian luar, yang kemungkinan disebabkan oleh kurangnya koordinasi motorik atau minimnya latihan. Kesimpulannya, terdapat variasi keterampilan menendang bola di antara siswa, yang menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan teknik dasar sepak bola di tingkat sekolah dasar.
Downloads
References
Bompa, T.O. & Harf, G.G. (2009) Periodization Training for Sports: Theory and Methodelogy of Training. Fifth Edition. United State of America: Human Kinetics.
Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Harvard university press.
Firlando, R., Frima, A., & Sunardi, L. (2020). Aplikasi pembelajaran teknik dasar sepak bola berbasis android. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 12(2), 166-172.
Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2006). Understanding Motor Development : Infants, Children, Adolescenta, Adults Sixth Edition. New York: McGraw-Hil.
Harsono. (2015). Kepelatihan Olahraga, PT Remaja Rosadakarya. Bandung.
Karim, A., Syafruddin, M. A., & Asri, A. (2021). Survei Kekuatan Otot Tungkai Dan Kemampuan Menendang Bola Permainan Sepakbola SMP Negeri 24 Makassar. Sportify Journal, 1(2), 66-73.
Luxbacher, Joseph A. (2011) Sepak bola langkah-langkah menuju sukses. (EdisiKedua). (Terjemahan Agusta Wibawa). Champaign: Human Kinetics
Magill, R., & Anderson, D. I. (2017). Motor learning and control : concepts and applications. McGraw-Hill Education.
Mc Morris T. (2024) Acquisittion and Perfomance of Sport Skill. UK: University College
Prabowo, R. A., Mahardika, W., Andibowo, T., Sudarsono, S., Prakoso, E. T., & Widyasari, K. (2024). Aplikasi Potensi Keterampilan Gerak Dasar Dalam Permainan Futsal Pada Pemain Futsal Pemula Akademi Hupernako Surakarta. Proficio, 5(2), 830-835.
Schmidt, R. A., & Wrisberg, C. A. (2008). Motor learning and performance: A situation-based learning approach. Human kinetics.
Schmidt, Richard. A., Lee, Tim. D., Winstein, C. J., Wulf, G., & Zelaznik, H. (2019). Motor Control and Learning A Behavioral Emphasis (SIxth).
Widodo, A. (2021). Hubungan koordinasi mata-kaki dan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola pada sekolah sepakbola bina bintang muda kepri. Jurnal Bola, 4(1), 1-17.