Kecepatan dan Pengetahuan Berlari pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Abdal Jabar Magribbi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Faiz Fadlhur Rahman Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Khusnul Sa’dah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tasya Suci Wulandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/ijssc.v6i2.29771

Keywords:

Pengetahuan, pembelajaran, peningkatan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa pengetahuan siswa kelas V SD tentang gerak dasar berlari masih rendah. Siswa cenderung melakukan gerakan ayunan tangan dan tumpuan kaki yang tidak sesuai, sehingga mempengaruhi kecepatan lari mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap gerak dasar berlari, memberikan pembelajaran melalui pemaparan materi dan contoh, serta mengevaluasi peningkatan kecepatan berlari setelah intervensi yang diberikan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VA dan VB SDN Budi Karya, dengan total 54 siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen tes lari 35 meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan pemaparan mengenai gerakan ayunan tangan dan tumpuan kaki yang benar, sebagian siswa mampu mengaplikasikan teknik tersebut dengan baik dalam permainan sepak bola untuk siswa laki-laki dan bola tangan untuk siswi perempuan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemberian pemahaman gerak dasar berlari dapat berkontribusi pada peningkatan teknik lari siswa. Kesimpulannya, peningkatan pemahaman terhadap teknik berlari yang benar berpengaruh pada efektivitas gerakan dan kecepatan lari siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Dennison, P.E. (2010). Brain Gym. Jakarta: Grasindo

Harsono. (2017). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: CV Tambak Kusuma.

Johan Cahyo, B. F., & Musyafari, S. R. W. (2012). Pengaruh Latihan Lompat Kijang Terhadap Kecepatan Lari. JSSF (Journal of Sport Science and Fitness), 1(1).

Juniartha, M. G., & Anjani, N. K. (2021). Hening Dalam Meditasi Sebagai Seni Kontemplasi Pikiran Harmonis. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 5(1), 42-52.

Mahdiyah. (2016). Statistik Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahendra, Agus dan Bambang Abdul Jabar. (2021). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nur'Aini, P., Mahfud, H., & Ardiansyah, R. (2021). Analisis dampak meditasi terhadap kemampuan peserta didik usia sekolah dasar dalam mengelola emosi diri. Didaktika Dwija Indria, 9(2).

Nurudin, M. (2015). Pengaruh latihan rope-skipping dan box jumps terhadap kemampuan menggiring bola pemain ssb. Unnes Journal of sport sciences, 4(1).

Riinawati, R. (2021). Hubungan konsentrasi belajar siswa terhadap prestasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305-2312.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukendro & Yuliawan, E. (2019). Dasar-Dasar Atletik. Jambi: Salim Media Indonesia

Sumadiningrat, E dan Sobar Budiman. (2021). Buku Panduan Guru Seni Teater. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Yuliawan, E., & Septriasa, I. (2023). Pengaruh Latihan SAQ Terhadap Peningkatan Kecepatan Lari 60 Meter Pada Atlet Sprinter Derako Athletics Club Jambi. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 5(1), 10-20.

Published

2024-09-11

How to Cite

Magribbi, A. J. ., Rahman, F. F. ., Sa’dah, K. ., & Wulandari, T. S. (2024). Kecepatan dan Pengetahuan Berlari pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 6(2), 145-153. https://doi.org/10.22437/ijssc.v6i2.29771