Minat Siswa Kelas IX Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19355Keywords:
Minat Siswa, Pembelajaran Pendidikan Jasmani OlahragaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa kelas IX dalam mengikuti pembelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yakni mendeskripsikan mengenai minat siswa kelas IX dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan instrumen yang berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data Minat siswa kelas IX dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi, untuk jawaban untuk jawaban cukup jumlah siswa 10 dengan persentase 9%, untuk jawaban tinggi 104 dengan persentase 91%. Kesimpulan Penelitian ini yaitu minat siswa kelas IX dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi termasuk dalam kategori tinggi.
Downloads
References
Abu Ahmadi & Ahmad Rohani. (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Aguss, R. M. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok untuk Pembelajaran Sepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SiswaSekolah Dasar. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 43-53.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Bina Adiaksara dan PT Rineka Cipta.
B. suryosubroto, 1997, proses belajar mengajar di sekolah, (Rineka Cipta,Jakarta.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga.Wahana Dedikasi: Jurnal Pkm Ilmu Kependidikan, 3(1), 56-61.
Mudyaharjo Redja. 2012 Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Munar, H., & Yuliawan, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Melalui Pendekatan Bermain Lompat Lingkar Berwarna:(Efforts to Improve Learning Basic Learning Outcomes Through Approach to Playing Colored Levels). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 1-12.
Ngalim Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rosdiani, Dini. (2014). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah pertama di kabupaten pringsewu tahun 2019. Journal Of Physical Education, 1(1), 18-24.
Sudijono, A.(2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Bandung
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. 2010. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta
Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. Syafriadi, Syafriadi, Lalu Sapta Wijaya Kusuma, and Rusdiana Yusuf. "Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK." Reflection Journal 1.1 (2021): 14-21.
SYAFRIADI, Syafriadi; KUSUMA, Lalu Sapta Wijaya; YUSUF, Rusdiana. Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 2021, 1.1: 14-21