Efektivitas Bidang Miring Pada Mata Pelajaran Senam Lantai Gerakan Rol Depan Siswa SDN 93 Kota Jambi Secara Blended Learning
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19209Keywords:
Rol Depan, Blanded LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu permasalahan dan memotivasi siswa kelas 3 SDN 93 Kota Jambi dalam melakukan gerakan Rol Depan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dalam penelitian ini terdapat satu kelompok eksperimen yang sengaja diberi perlakuan. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design yaitu satu kelompok yang diberi perlakuan, tetapi sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu tes awal (pretest), kemudian diakhiri perlakuan tes akhir (posttest). Berdasarkan hasil analisis data nilai L hitung untuk data tes awal dan tes akhir secara berurutan 0.0795 < Ltabel 0,1265; 0.0681 < Ltabel 0,1265. Maka berdasarkan analisis data ini dapat disimpulkan data tes awal dan tes akhir berdistribusi normal. Pada taraf signifikansi α = 0,05 maka diperoleh F tabel = 3,23.  Maka Fhitung (1,77) < Ftabel (3,23) maka varian homogeny. Perbandingan harga antara t hitung dengan nilai presentil pada tabel distribusi – t, untuk taraf nyata α = 0,05 diperoleh t hitung (25,81) > t tabel (1,6772). Dari hasil penelitian ini terdapat efektivitas bidang miring pada mata pelajaran senam lantai gerakan rol depan siswa SDN 93 Kota Jambi secara blanded learning dengan t Hitung > t Tabel.
Downloads
References
Aka, Biasworo Adisuyanto. 2009. Cerdas dan Bugardengan Senam Lantai. Jakarta : Grasindo.
Ardhian Nurochman. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Senam Lantai Untuk Mengembangkan Keterampilan Gerak Roll Depan. Universitas Pendidikan Indonesia
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai
Fratiwi, E., Syah, H., & Muhsan, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Roll Depan. Sportify Journal, 1(1), 19-28
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi untuk hasil pembelajaran senam lantai. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137-145.
Hartono. 2019. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
MUNSIR, M. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan pembelajaran senam lantai roll depan melalui modifikasi alat pada siswa SDN 469 kalewangan kecamatan Larompong kabupaten Luwu (Doctoral disertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO)
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika,
Risnawati, R., Mentara, H., & Marhadi, M. Meningkatkan hasil belajar rol depan melalui penedekatan modifikasi pada siswa kelas V SDN bohontobungku kecamatan bungku tengah. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 3(11).
Roji. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII. Jakarta: Erlangga
Widowati, Atri dan Rasyono. 2018. Senam Dasar. Jambi. Salim Media Indonesia