Pemasalan Cabang Olahraga Anggar Pada Siswa-Siswi SMP di Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.18187Keywords:
Pemasalan, Anggar, Siswa SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memasalkan atau memasyarakatkan olahraga anggar pada siswa-siswi SMP yang ada di kecamatan nipah panjang guna mengenalkan adanya olahraga anggar di provinsi jambi ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMP yang ada di Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hasil dari penelitian ini terdapat hasil 95% untuk penilaian kegiatan pemasalan yang dilakukan oleh peneliti “sangat baikâ€, 3.30% untuk penilaian baik, serta 1.70% untuk penilaian cukup. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasalan cabang olahraga anggar yang dilakukan pada siswa-siswi SMPN di Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah dinyatakan â€Sangat Baik†dilakukan dan efektif serta direspon positif untuk proses memasyarakatkan cabang olahraga anggar itu sendiri dengan di buktikan oleh hasil penilaian responden sebesar 95%.
Downloads
References
Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif.Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, 6(2).
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2008). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azaningsih, R. (2021). Media Sasaran Mannequin Sebagai Alat Bantu Latihan Senjata Sabel Dalam Olahraga Anggar (Skripsi, Universitas Jambi).
Fanida, B. J., Kusnadi, D., & Fuhaidah, U. (2020). Efektivitas Dari Penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Tajung Jabung Timur Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Studi Perumahan Nelayan Kec. Nipah Panjang (Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Hadjarati, Hartono. 2010. Metodik Melatih Anggar. Provinsi Gorontalo: FIKK Universitas Negeri Gorontalo.
Hurlock. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.
Idhar, I. (2012). Hubungan antara komunikasi positif guru dan murid dengan kecerdasan emosional murid di SMP Negeri 13 Kota Malang (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Indrayana, B., & Yuliawan, E. (2020). Survei Kelayakan Sarana Dan Prasarana pada 31 Cabang Olahraga Anggota Koni Kota Jambi Peserta Pekan Olahraga Provinsi Jambi Ke-23. Jurnal Prestasi, 4(2), 43-48.
Iskandar, W., & Mulyadi, U. (2011). Dasar-dasar Kurikulum. Jakarta, Bumi Aksara.
Kurniawan, F. (2010). Mengenal Cabang Olahraga Klasik, Anggar. Yogyakarta: FIK UNY.
Ma’mun, Amung (2003). Kontruksi Tes Kemampuan Fisik Anggar. Jakarta: IKASI
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu model evaluasi program pendidikan. At-Ta'dib, 6(1).
Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 60-75.
Masruri, Razikin. 2016. Rancangan Program Pembelajaran Dasar-Dasar Fencing .FIK Universitas Negeri Malang: Jawa Timur.
Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian: Public Relation & Komunikasi. Jakarta (ID): Rajawali Pers.
Sarwono. (2011). Psikologi Remaja.Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Alfabeta: Bandung
Supriyanto, A. (2005). Pemasalan Olahraga Melalui Sifat Androgini Pada Anak Sejak Dini. In Jurnal Seminar Nasional Ipteks Olahraga. Surabaya: Hotel Hilton.
Tegeh, M. et al. 2013. Model Penelitian . Yogyakarta: Graha Ilmu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002, Tentang
Widowati, Atri, dkk. (2021). Upaya Pengenalan Olahraga Bridge Melalui Video Tutorial di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(1), 15-21
Widowati, Atri., & Decheline, Grafitte. (2020). Modifikasi Senjata Anggar Untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Lengan Pada Atlet Anggar Pemula. Physical Activity Journal (PAJU)