Pengaruh Reward dan Komitmen Guru Pengaruh Reward dan Komitmen Guru Terhadap Kepuasan Kerja Pada SMK Negeri Kota Jambi
(The Effect of Rewards and Teacher Commitment on Job Satisfaction at the State High School of Jambi City)
DOI:
https://doi.org/10.22437/ideal.v2i1.9880Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of reward and teacher commitment on job satisfaction at SMK Negeri Kota Jambi. This research uses quantitative methods with a non-experimental research design (survey). The population used in this study were teachers at the State Vocational School of Jambi City who were PNS (Pegawai Negeri Sipil). The technique used in this research is random sampling, a total of 70 teachers. The data collection technique in this study used primary data in the form of a questionnaire. The data analysis technique used in this study is multiple regression analysis. The results showed that: (1) There is an effect of reward on job satisfaction with the tcount of reward of 2.867, while the t-table is 1.996, the result is that 2.867> 1.996, so Ho is rejected and Ha is accepted, so there is a partially significant effect between reward and job satisfaction. (2) There is an effect of teacher commitment on job satisfaction with the tcount of teacher commitment of 5.596, while the t-table is 1.996, the results are 5.596> 1.996, so Ho is rejected and Ha is accepted, so there is a partially significant effect between teacher commitment to job satisfaction. (3) There is an effect of reward and teacher commitment on job satisfaction with the Fcount value of 17.591, while the Ftable value is 3.13, because 17.591> 3.13, then Ho is rejected and Ha is accepted, so there is a significant influence between reward and teacher commitment. together on job satisfaction. Based on this research, it is suggested that school leaders / principals at State Vocational Schools in Jambi City can pay more attention to teacher job satisfaction, so that all teachers become more competent and have enthusiasm for improving their work performance, especially in carrying out their duties as educators, so that school goals can be achieved.
Abstrak. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang pengaruh reward dan komitmen guru terhadap kepuasan kerja pada SMK Negeri Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian non-eksperimen(survey). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru pada SMK Negeri Kota Jambi berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Sampling, Sebanyak 70 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh reward terhadap kepuasan kerja dengan nilai thitung reward sebesar 2,867, sedangkan ttabel sebesar 1,996, diperoleh hasil bahwa 2,867 > 1,996, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan secara persial antara reward terhadap kepuasan kerja. (2) Terdapat pengaruh komitmen guru terhadap kepuasan kerja dengan nilai thitung komitmen guru sebesar 5,596, sedangkan t tabel sebesar 1,996, diperoleh hasil 5,596 > 1,996, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan secara persial antara komitmen guru terhadap kepuasan kerja. (3) Terdapat pengaruh reward dan komitmen guru terhadap kepuasan kerja dengan nilai Fhitung sebesar 17,591, sedangkan Nilai Ftabel sebesar 3,13, karena 17,591 > 3,13, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh signifikan antara reward dan komitmen guru secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar pimpinan/kepala sekolah pada SMK Negeri Kota Jambi dapat lebih memperhatikan kepuasan kerja guru, agar seluruh guru menjadi lebih berkompeten dan semangat meningkatkan prestasi kerjanya terutama dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik, sehingga tercapainya tujuan sekolah.