SIMULASI SLINGSHOOT: APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK PARABOLI BAGI SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i1.24582Kata Kunci:
fisika, gerak parabola, slingshoot simulationAbstrak
Ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang pesat karena globalisasi. Hampir semua orang sekarang memiliki ponsel. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan fleksibilitas handphone yang akan diimplementasikan untuk membuat suatu rancangan aplikasi yang akan menjadi sarana pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan rancangan aplikasi Simulasi Ketapel sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa pada materi gerak parabola. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun penulis membatasi penelitian ini hanya pada tahap desain aplikasi kemudian menganalisis validasi kelayakan desain aplikasi oleh satu penilai ahli, dua penilai praktisi, dan dua puluh tujuh responden uji coba terbatas. Dari hasil validasi kelayakan desain aplikasi diperoleh hasil rata-rata sebesar 94,53%. Dalam artian, desain aplikasi simulasi sling shoot ini layak dikembangkan untuk digunakan.
Unduhan
Referensi
Abdillah, Muhammad Syawaluddin. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Simulasi Game Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola Untuk Mendukung Ketuntasan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 5(2), 17-20. https://doi.org/10.26740/ipf.v5n2.p%25p .
Afifah, Disah Nur, Dewi Yulianawati, Nina Agustina, Ratu Dewi Sri Lestari, & Muhamad Gina Nugraha. (2015). Metode Sederhana Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi Menggunakan Aplikasi Tracker Pada Gerak Parabola Sebagai Media dalam Pembelajaran Fisika SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains yang diselenggarakan oleh FMIPA ITB, tanggal 8 dan 9 Juni 2015. Bandung: Institut Teknologi Bandung. https://ifory.id/abstract/L34YcCzRJMXv.
Amalia, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Flash pada Materi Gerak Parabola. Menara Ilmu, 13(7). https://doi.org/10.33559/mi.v13i7.1503
Artawan, Putu. (2014). Fisika Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu. Astono, Juli, Suyoso Suyoso, dan Yusman Wiyatmo. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran gerak parabola dan fluida berbasis mobile learning untuk pelaksanaan PPL di SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 23-26. https://doi.org/10.20961/jmpf.v8i2.28432.
Astra, I. A., H. Nasbey, & A. Nugraha. (2015). Development of an Android Application in the Form of a Simulation Lab as Learning Media for Senior High School Students. Eurasia Journal of Mathematics. Science & Technology Education, 11(5), 1081-1088. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1376a.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411
Asyar, N., Mujasam, Irfan Y., & Sri W. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Garak Parabola di SMA. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 3(1), 18-27
Fauziah, Aifah, & Yenni Darvina. (2019). Analisis miskonsepsi peserta didik dalam memahami materi gerak lurus dan gerak parabola pada kelas X SMAN 1 Padang. Pillar of Physics Education 12.(1). http://dx.doi.org/10.24036/4813171074.
Haryadi, R., & Kinanti, S. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Untuk Peserta Didik Maupun Pendidik Tingkat SMA Sederajat dan Dibawah. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 169-176. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.21778.
Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. Information Management For Educators And Professionals: Journal of Information Management, 5(1), 15-24. https://doi.org/10.21009/1.03108.
Karim, S., & Saepuzaman, D. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa calon guru fisika dalam memahami konsep gerak parabola. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016OER). https://doi.org/10.21009/0305010409.
Marhadini, Satria Adhi Kusuma, Isa Akhlis, & Imam Sumpono. (2017). Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Gerak Parabola untuk Siswa, 6(3), 38-43. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19315.
Marlina, V. (2022). Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Simulasi PkET Untuk Menentukan Waktu Paruh. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 214-221. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.22314.
Novisya, Dira. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Soal-Soal Fisika Pada Gerak Parabola Kelas XI IPA DI SMAN 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Repository IAIN Batusangar.
Pangihutan, R. H., de Menzelthe, N., Kurniawati, A. T., Fajri, A., Nadeak, D. L., Syaadah, W., & Agistia, M. D. Pengaruh Besar Sudut terhadap Jarak Lemparan pada Gerak Parabola. Academia.
Prastyo, I. S., & Hartono, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran dengan adobe animate cc pada materi gerak parabola. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 25-35. 10.21580/phen.2020.10.1.6854.
Purwadi & Ishafit. (2014). Pemodelan Gerak Parabola yang Dipengaruhi Seretan serta Spin Efek Magnus Bola dengan Program Modellus dan Excell. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 1(1), 11-18. http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v1i1.1517.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmalia, Dera Alvinda Dwi, & Anis Zahrotin. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Gerak Parabola SMA. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1). https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/337.
Ridwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta: Bandung.
Rozi, F., & Kristari, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 35-44. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1561
Sari, D. R., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2013). Game Angry Birds dan Program Tracker Sebagai Media Pembelajaran Fisika pada Topik Gerak Parabola. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/3114
Sipayung, Jasa Evan, Desy Rahayu Ardani, & Yuthi Afina. (2015). Simulasi Mencari Waktu Pada Gerak Parabola/Peluru. Reseach Gate.
Sukendra, I. K, & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. Mahameru Press.
Supardi & Hamdi Akhsan. (2011). Telaah Gerak Parabol: Sifat Ellips dalam Gerak Parabola. Prosiding Simposium Nasional Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2011), tanggal 22-23 Juni 2011. Bandung, Indonesia. https://repository.unsri.ac.id/22673/1/230-913-1-PB.pdf
Supardi, Supardi U.S., Leonard Leonard, Huri Suhendri, & Rismurdiyati Rismurdiyati. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86.
Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media pembelajaran fisika berbasis m obile learning pada platform android menggunakan aplikasi app inventor untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Natural Secience, 5(1), 800-809. 10.15548/nsc.v5i1.901.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561.
Wijaya, R. C., Damris M., & Kamid. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Projectile Launcher sebagai Alat Praktikum Fisika pada Materi Gerak Parabola Fisika Kelas XI IPA. Edu-Sains, 3(2), 46-56. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v3i2.1895
Wiyono, K., Laili, R. N., & Syuhendri, S. (2017, October). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Gerak Parabola Berbasis Permainan Tradisional untuk Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 (Vol. 1, No. 1, pp. 125-138).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Septi Wulansari, Rias Oktamaypasha, Bayu Setiaji

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.