PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS POE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA TOPIK FLUIDA STATIS
Keywords:
lembar kerja mahasiswa, POE, fluida statisAbstract
Telah dikembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis Prediction, Observation, and Explanation (POE) pada topik fluida statis. Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan validasi LKM berbasis POE, mendiskripsikan respon, dan mendiskrisikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah menggunakan LKM berbasis POE. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. LKM telah divalidasi dan dilakukan uji terbatas kepada beberapa mahasiswa. Setelah dilakukan revisi, uji coba terbatas dilakukan kepada 25 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika pada perkuliahan Fisika Dasar I. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh dari tes. Informasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh dari perolehan skor untuk tiap indikator. Dari analisis yang di dapat, seluruh indikator memperoleh hasil validasi ahli dengan kategori sangat valid. Mahasiswa secara keseluruhan memberikan respon positif terhadap produk dan kemampuan berpikir kritis secara keseluruhan sebesar 69,60% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir mahasiswa berada pada kategori kritis.
Downloads
References
Aldobie, N. (2015). ADDIE Model. Merican International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.
Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Di Sman 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4, 350–357.
Anggraini, S. A. P., Lesmono, A. D., & Handono, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis POE Materi Gerak Harmonis Sederhana Di MAN. In Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017 (Vol. 2, pp. 1–6). Jember: Universitas Negeri Jember.
Bakri, F., Rasyid, R., & Mulyaningsih, R. D. A. (2015). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas ( SMA ). Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 67–74.
Başer, M. (2006). Effect of conceptual change oriented instruction on remediation of students ’ misconceptions related to heat and temperature concepts. Journal of Maltese Education Research, 4(1), 64–79. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0733-9410(1991)117
Clement, J. (1982). Students’ preconceptions in introductory mechanics. American Journal of Physics, 50(1), 66–71. https://doi.org/10.1119/1.12989
Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). A Synthesis of Discipline-Based Education Research in Physics. Physical Review Special Topic - Physics Education Research, 1–148.
Erceg, N., Aviani, I., & Mešić, V. (2013). Probing stuDents’ critical thinking processes by presenting ill-Defined physics problems. Revista Mexicana de Fisica E, 59(1), 65–76. https://doi.org/10.1117/12.903323
Fitriastuti, N., Sulisworo, D., & Ishafit. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Approach pada Materi Suhu dan Perpindahannya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 103–107.
Fitriyati, Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013). Pengembangan LKS Fisika SMA Kelas X Semester II dengan Website Online Berbasis Contextual Teaching Learning, 3(1), 7–11.
Hammer, D. (1996). More than misconceptions: Multiple perspectives on student knowledge and reasoning, and an appropriate role for education research. American Journal of Physics, 64(10), 1316–1325. https://doi.org/10.1119/1.18376
Hammer, D. (2000). Student resources for learning introductory physics. American Journal of Physics, 68(S1), S52–S59. https://doi.org/10.1119/1.19520
Hardiyanti, K., Astalini, & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 3(2), 1–12.
Hidayah, A., & Yuberti. (2018). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses belajar fisika siswa pokok bahasan suhu dan kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 21–27.
Maharani, D., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2015). Pengembangan LKS Multirepresentasi Berbasis Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 236–242.
Marcella, Z., Susanti, N., & Dani, R. (2018). Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Terpadu Di SMPN 17 dan SMPN 19 Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 3(2), 42–48.
Mariyana, S., Maison, & Syarkowi, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal EduFisika, 3(1), 96–108.
Minogue, J., & Borland, D. (2016). Investigating Students’ Ideas About Buoyancy and the Influence of Haptic Feedback. Journal of Science Education and Technology, 25(2), 187–202. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9585-1
Miswadi, S. S., Wijayati, N., & Farikhati, L. I. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Preview , Question , Read , Summarize , and Test Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 557–565.
Nurhudayah, M., Lesmono, A. D., & Sabiki. (2016). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Pembelajaran Fisika SMA Di Jember (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 82–88.
Pithers, R. T., & Soden, R. (2000). Critical thinking in education: A review. Educational Research, 42(3), 237–249. https://doi.org/10.1080/001318800440579
Rahmat, M., Muhardjito, M., & Zulaikah, S. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Siswa Kelas X SMA. Jurnal Fisika Indonesia, 18(54), 108–112. Retrieved from http://pdm-mipa.ugm.ac.id/ojs/index.php/jfi/article/view/898/0
Riduwan. (2008). Dasar–Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta.
Rivaldo, L., Taqwa, M. R. A., & Taurusi, T. (2018). Resources Siswa SMA tentang Konsep Gaya Archimedes. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(3), 251–258. Retrieved from http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/issue/view/114/showToc
Rozana, T., Jufrida, & Basuki, F. R. (2018). Penerapan model pembelajaran POE untuk meningkatkan keterampilan proses sains kelas XI SMAN 11 Jambi. Jurnal EduFisika, 3(2), 66–80.
Taqwa, M. R. A., & Faizah, R. (2016). Perlunya Program Resitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Gaya dan Gerak. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 12(1), 365–372.
Taqwa, M. R. A., Hidayat, A., & Supoto. (2017). Konsistensi Pemahaman Konsep Kecepatan dalam Berbagai Representasi. Jurnal Riset & Kajian Pendidikan Fisika, 4(1), 31–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v4i1.6469
Taqwa, M. R. A., Hidayat, A., & Sutopo. (2017). Deskripsi Penggunaan Program Resitasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membangun Free-Body Diagrams ( FBDs ). Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(1), 52–58. https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i1.8411
Taqwa, M. R. A., & Pilendia, D. (2018). Kekeliruan Memahami Konsep Gaya , Apakah Pasti Miskonsepsi ? Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Integrasinya, 01(02), 1–12.
Taqwa, M. R. A., Priyadi, R., & Rivaldo, L. (2019). Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 56–67.
Thompson, C. (2011). Critical thinking across the curriculum: Process over output. International Journal of Humanities and Social Science, 1(9), 1–7. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 47–52.
Zhang, L. F. (2003). Contribution of Thinking Styles to Critical Thinking Dispositions. The Journal of Psychology, 137(6), 517–544. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Downloads
Published
Versions
- 2019-06-30 (1)
- 2019-06-30 (1)