PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS POE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA TOPIK FLUIDA STATIS

Authors

  • Muhammad Reyza Arief Taqwa Universitas Negeri Malang
  • Revnika Faizah Pasca Sarjana, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Lugy Rivaldo Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jambi, Muaro Jambi, Indonesia

Abstract

Telah dikembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis Prediction, Observation, and Explanation (POE) pada topik fluida statis. Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan validasi LKM berbasis POE, mendiskripsikan respon, dan mendiskrisikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah menggunakan LKM berbasis POE. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. LKM telah divalidasi dan dilakukan uji terbatas kepada beberapa mahasiswa. Setelah dilakukan revisi, uji coba terbatas dilakukan kepada 25 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika pada perkuliahan Fisika Dasar I. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh dari tes. Informasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh dari perolehan skor untuk tiap indikator. Dari analisis yang di dapat, seluruh indikator memperoleh hasil validasi ahli dengan kategori sangat valid. Mahasiswa secara keseluruhan memberikan respon positif terhadap produk dan kemampuan berpikir kritis secara keseluruhan sebesar 69,60% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir mahasiswa berada pada kategori kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-30 — Updated on 2019-06-30

Versions

How to Cite

Taqwa, M. R. A., Faizah, R., & Rivaldo, L. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS POE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA TOPIK FLUIDA STATIS. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(01), 6-13. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/6284