PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMAN 11 JAMBI
Keywords:
keterampilan proses sains, model POEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 11 Kota Jambi menggunakan model pembelajaran POE pada materi kalor dan perpindahannya. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 sebanyak 40 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa tes KPS, lembar observasi KPS, keterlaksanaan pembelajaran, dan aktifitas siswa. Teknik analisis data tes KPS dianalisis secara statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Pada siklus I persentase KPS dalam kategori sedang yaitu 68.1. Kendala guru adalah kurang maksimal dalam penyampaian prosedur kegiatan yang akan dilakukan. Solusinya guru harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu agar lebih maksimal dalam penyampaian prosedur pembelajaran. Pada siklus II diperoleh hasil KPS masih pada kategori sedang namun sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu 77.7. Kendala guru adalah kurang tegas dalam menegur siswa yang kurang aktif. Solusinya guru harus lebih memantau kegiatan siswa setiap kelompok. Pada siklus III terlihat adanya peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 89.1 berada dalam kriteria sangat tinggi.
Downloads
References
. 2012. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara
. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bundu, P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas Sari, D, N. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X MIPA 7 SMAN 1 Muaro Jambi. Jambi: Universitas Jambi
Chandra, H., Wahyuni, D., dan Hariadi, S. 2014. Pengaruh Model POE (Predict-Observe- Explain) dengan Performance Assesment terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Arsaja Jember
Indrawati dan Setiawan, W. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: Universitas Pendidikan Ganesha
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika.
Bandung: Alfabeta
Semiawan, C. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Suparno, P. 2013. Metodologi Pembelajaran Fisika: Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Yupani, N., Garminah, N. & Mahadewi, L. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV.
Downloads
Published
Versions
- 2018-12-15 (1)
- 2018-12-15 (1)