Pengembangan Modul Elektronik dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Hukum Termodinamika Untuk SMA/MA Kelas XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan hukum termodinamika dan mengetahui persepsi siswa terhadap modul elektronik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang ada pada model pengembangan ADDIE adalah analyze, design, development, implementation, dan evaluation, di dalam penelitian ini tahapan ADDIE dibatasi sampai tahapan development. Subjek uji coba dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 1 SMAN 1 Muaro Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, telaah dokumen, angket kebutuhan siswa, angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket persepsi siswa. Teknik analisis data kualitatif yang berupa observasi dan telaah dokumen dilakukan secara deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan) dan disajikan pada tahapan analyze, saran dari validator ahli media dan ahli materi juga dilakukan secara deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan) dan disajikan dalam tahap development, sedangkan skor angket validasi ahli media, ahli materi, dan persepsi siswa dilakukan secara statistik deskriptif dengan penyajian data melalui tabel (Mean, rata-rata ideal dan standar deviasi ideal). Produk yang dihasilkan memiliki spesifikasi antara lain software menggunakan 3D PageFlip Professional, format akhir program .exe, kerangka modul tediri dari cover modul, peta kedudukan modul, kegiatan pembelajaran per sub bab dengan contoh dan latihan soal serta tes formatif akhir, kegitan pembelajaran modul disusun dengan pendekatan saintifik, materi disajikan dengan persamaan yang jelas, gambar, grafik, video, animasi, simulasi, contoh soal dan latihan soal. Adapun keunggulan yang terdapat pada modul elektronik yaitu modul ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi, kegiatan pembelajaran disusun agar siswa dapat mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan pembelajaran. Kelemahan pada modul elektronik yaitu hanya terdapat satu simulasi dikegiatan pembelajaran satu, tidak ada video dan animasi dikegiatan pembelajaran tiga, belum bisa terkoneksi dengan internet dan belum bisa digunakan pada smartphone. Hasil validasi ahli media dan ahli materi terhadap modul elektronik dengan pendekatan saintifik pokok bahasan hukum termodinamika yaitu 69 dan 28 termasuk dalam kategori sangat baik dan baik. Hasil analisis dari persepsi siswa pada uji coba diperoleh skor rata-rata indikator keseluruhan adalah 72,53 yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modulelektronik dengan pendekatan saintifik pokok bahasan hukum termodinamika layak digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran dan dapat diujicobakan dalam pembelajaran secara langsung.
Kata Kunci: Modul Elektronik, Pendekatan Saintifik, Hukum Termodinamika
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-06-30 (1)
- 2018-06-30 (1)