Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak dan Penerapannya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk akhir dari media pembelajaran fisika dengan menggunakan Adobe flash CS 6 pada pokok bahasan hukum newton tentang gerak dan penerapannya serta mengetahui persepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Rantau Pandan yang berjumlah dua puluh delapan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket persepsi siswa. Teknik analisis data yang berupa saran dari validator ahli media dan ahli materi dilakukan secara deskriptif kualitatif, sedangkan skor persepsi siswa dilakukan secara statistik deskriptif. Produk yang dihasilkan memiliki spesifikasi antara lain format akhir program adalah swf dan exe, program dilengkapi dengan warna, gambar, teks dan animasi, media pembelajaran ini merupakan jenis media audio-visual yang akan dikemas dalam bentuk CD, media pembelajaran ini terdiri dari bagian intro, isi, dan penutup, cakupan materi yaitu hukum newton tentang gerak dan penerapannya, dan tingkat pengguna media yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA). Keunggulan yang terdapat pada media pembelajaran ini antara lain bahasa yang digunakan mudah dimengerti, gambar yang ditampilkan jelas, animasi yang ditampilkan menarik, terdapat soal interaktif pada menu evaluasi sehingga siswa dapat melihat skor yang diperoleh dari tes akhir tersebut. Kelemahan yang terdapat pada media pembelajaran ini antara lain belum terdapat video dan simulasi pada media pembelajaran, media pembelajaran ini hanya bisa digunakan pada computer atau laptop yang mempunyai aplikasi adobe flash CS 6. Berdasarkan hasil dari persepsi siswa pada indikator tampilan media pembelajaran diperoleh kesimpulan responden menjawab baik pada setiap butir soal dengan rata-rata nilai 78,5 %. Kemudian berdasarkan hasil dari persepsi siswa pada indikator manfaat penggunaan media pembelajaran diperoleh kesimpulan responden menjawab baik pada setiap butir soal dengan rata-rata nilai 81,73 %. Hal ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Fisika ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi hukum newton tentang gerak dan penerapannya untuk siswa SMA kelas X SMA.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hukum Newton Tentang Gerak Dan Penerapannya, Adobe Flash CS 6.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-06-30 (1)
- 2018-06-30 (1)